Opinion

(Opini) 3 Alasan Tidak Ada Smart Battery Case untuk iPhone X

Smart Battery Case adalah case sekaligus baterai eksternal buatan Apple yang pertama kali dikenalkan di iPhone 6s. Produk yang sama kembali diluncurkan untuk perangkat iPhone 7, bahkan hadir dalam warna (PRODUCT)RED. Namun Apple tidak merilis Smart Battery Case untuk iPhone X hingga hari ini.

Awalnya saya menunggu produk ini dan mungkin juga kamu semua Sahabat MakeMac. Namun setelah berdiskusi dengan beberapa pengguna lain sambil menunggu, menurut saya Apple tidak akan merilis Smart Battery Case untuk iPhone X. Berikut ini beberapa opini mengenai Smart Battery Case yang tidak tersedia untuk iPhone X:

Kenapa Tidak Ada Smart Battery Case untuk iPhone X?

1. Kapasitas Baterai iPhone X

Meskipun memiliki ukuran bodi yang tidak jauh berbeda dengan iPhone 7 dan iPhone 8, kapasitas baterai di iPhone X sebetulnya jauh lebih besar. Berikut ini datanya:

  • Kapasitas baterai di iPhone 7 adalah 1960mAH
  • Kapasitas baterai di iPhone 8 adalah 1821mAH
  • Kapasitas baterai di iPhone X adalah 2716mAH

Dengan baterai yang besar, tentunya pengguna iPhone X sudah tidak memerlukan Smart Battery Case lagi. Kamu bisa tetap melakukan segala aktivitas di iPhone X sepanjang hari, tanpa takut kehabisan baterai karena kapasitas di atas 2000 mAH. Yaitu seperti baterai di iPhone 7 Plus (2900mAH) dan iPhone 8 Plus (2691mAH).


Baca Juga:


2. Teknologi Wireless Charging di iPhone X

Smart Battery Case meletakkan baterai tambahannya di bagian tengah belakang. Tempat yang sama digunakan oleh perangkat iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus untuk rangkaian sirkuit Wireless Charging. Jadi jika kamu menggunakan Smart Battery Case di iPhone X, pastinya fitur Wireless Charging tidak dapat bekerja karena terhalang elemen baterai di belakang.

Mungkin ada teknologi yang lebih canggih yaitu meletakkan sirkuit Wireless Charging di sisi paling luar dari Battery Case. Lalu bisa juga mencabut port Lightning di bagian bawahnya. Namun semua perubahan ini akan membuat Smart Battery Case di iPhone X menjadi jauh lebih mahal.

3. Fast Charging Dapat Merusak Smart Battrery Case?

Selain Wireless Charging, ada juga teknologi Fast Charging yang tersedia di iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Teknologi tersebut mengharuskan kamu membeli kabel data Lightning to USB-C dan menggunakan USB-C Power Adapter bawaan MacBook 12 inci atau MacBook Pro Touch Bar.

Namanya juga Fast Charging, daya listrik yang masuk ke perangkat iPhone pastinya lebi besar demi membuat pengisian baterai lebih cepat. Nah Smart Battery Case mungkin tidak didesain untuk dapat menerima teknologi Fast Charging. Sehingga pengembangan lanjutan untuk mendukung teknologi tersebut, pastinya akan membuat kenaikan harga dibandingkan Smart Battery Case di iPhone 6s atau iPhone 7.

Pendapat Kamu?

Menurut saya, Smart Battery Case memang tidak akan diciptakan untuk iPhone X. Alasan utama adalah baterai yang sudah sangat besar di iPhone X. Lainnya adalah masalah Wireless Charging dan Fast Charging. Jika kamu masih perlu alasan tambahan, desain cantik di bagian belakang iPhone X juga bisa tertutup dengan Smart Battery Case dan mengurangi faktor tampilannya. Namun jika kamu tertarik untuk membeli Battery Case untuk iPhone X, tim MakeMac akan memberikan beberapa pilihannya di artikel mendatang.


5 Hal Menarik di iPhone 6s Smart Battery Case Selain Bentuknya


Click to comment
To Top