News

Pangsa Pasar Apple dan Nokia Diprediksi Naik di 2018, Samsung Sebaliknya

Firma riset pasar TrendForce memprediksikan bahwa bakal ada dua pabrikan smartphone yang mengalami pertumbuhan pangsa pasar sepanjang 2018. Mereka adalah Apple dan HMD yang memegang smartphone merek Nokia.

Berdasarkan prediksi TrendForce seperti dilansir 9to5Mac, pangsa pasar Apple yang masih berada di urutan ke–2 di pasar smartphone dunia bakal mengalami kenaikan menjadi 15,7 persen ini tahun ini. Hasil ini naik dari tahun sebelumnya yang sebesar 15,2 persen.

Kehadiran tiga model iPhone baru tahun ini disebutkan bakal memicu naiknya pangsa pasar Apple di pasar ponsel. Sebagaimana rumornya, semua iPhone 2018 bakal mengadopsi Face ID dan desain layar mirip iPhone X.

For this year, Apple is set to launch three new flagship models in 3Q18, and will expand the adoption of Face ID and all-screen technology in these new iPhones, along with upgrading their existing functions and increasing the memory content as well.

Menurut TrendForce, jumlah produksi tahunan iPhone bakal mengalami kenaikan sebesar 6 persen. Hal ini berkat bukan saja spesifikasi iPhone baru yang ditingkatkan tapi juga ekspansi Apple di pasar India.

Nokia yang bangkit dari mati suri mulai menunjukkan penjualan yang cukup baik di 2017. Mereka tercatat berhasil memproduksi sebanyak 11,5 juta unit smartphone di awal debutnya di tahun lalu.

Pertumbuhan penjualan smartphone Nokia diprediksi bakal berlanjut di tahun ini. Hal ini seiring mereka memfokuskan diri pada pasar smartphone menengah ke bawah.


Baca juga:


Sementara pangsa pasar Apple diprediksikan naik, kondisi pangsa pasar Samsung diprediksikan sebaliknya. Pangsa pasar pabrikan yang menjadi pemimpin di pasar ponsel itu disebutkan bakal turun dari 21,9 persen menjadi 20,3 persen.

Otomatis jumlah produksi tahunan smartphone Samsung juga disebutkan bakal turun. TrendForce memprediksikan jumlah produksi smartphone dari Samsung bakal turun sebanyak 6 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Penjualan smartphone Samsung ternyata didorong oleh smartphone seri A dan J yang kabarnya sukses di pasaran. Bukan didorong oleh flagship smartphone sekelas iPhone yang berada di segmen premium.


Click to comment
To Top