Articles

Pengembang PUBG Melaporkan Knives Out Dan Rules of Survival Atas Tuduhan Plagiat

Perusahaan sekaligus pengembang dari game PUBG akhirnya membawa rival pembuat kloningan game mereka ke ranah hukum. Netease, sebuah perusahaan China dibalik game Knives Out dan Rules of Survival dilaporkan karena melanggar hak cipta. Menurut dokumen perkara yang dirilis oleh Badan Pengadilan California tertulis bahwa PUBG Corporation meminta Netease untuk menghentikan pengembangan kedua game milik mereka dan segera menarik game tersebut dari App Store.

Dalam dokumen yang mereka buat tertera alasan PUBG Corporation memperkarakan Netease. Mereka memperlihatkan beberapa elemen yang sama, yang terdapat pada game milik Netease. Hal spesifik tersebut antara lain mekanisme permainan battle royale seperti tempat bermain yang semakin mengecil selama permainan berlangsung, pemain yang berjumlah 100 dalam satu waktu, level yang terdapat pada tiap perlengkapan, serta pemain yang diterjunkan dari langit, yang terdapat di awal permainan.

Tidak sampai disitu saja, hal yang dilaporkan menjadi lebih spesifik lagi, seperti penggunaan alat masak sebagai senjata, adanya kotak senjata yang turun dari langit, dan bahkan frase “winner winner chicken dinner” yang akan pemain dapatkan disaat pemain memenangkan satu ronde permainan.



Baca Juga:


PUBG Corporation juga menyertakan tangkapan layar dari hasil pencarian YouTube, dimana Knives Out dan Rules of Survival seakan-akan adalah PUBG Mobile. Pada awalnya memang kedua game tersebut telah lebih dulu hadir di ponsel. Tetapi PUBG Corporation berpendapat bahwa Netease sengaja meniru konsep game PUBG, sebagai cara untuk mempengaruhi pemain bahwa game mereka—Knives Out dan Rules of Survival—merupakan versi PUBG yang dibuat untuk ponsel.

Memang nyatanya, jika kamu menuliskan PUBG Mobile pada kolom pencarian di App Store, maka kedua judul game tadi juga ikut muncul, seperti halnya Fortnite dan tentu saja, PUBG Mobile sendiri.

PUBG Corporation mengatakan bahwa mereka sudah melaporkan hal ini ke Apple tanggal 24 bulan Januari tahun ini. Laporan tersebut kemudian diteruskan kepada Netease, yang kemudian mendapatkan respon kurang mengenakkan. Netease merasa bahwa kedua game mereka tidak menyalahi hak cipta dari PUBG. Sebelumnya, PUBG Corporation juga sempat menuliskan keberatannya kepada Epic Games perihal Fortnite yang juga menggunakan mekanisme permainan battle royale.


14 Games di iOS yang Sedang Dalam Tahap Soft Launch (Part 1)

https://www.makemac.com/wp-content/uploads/2017/12/iphone-7-iphone-x-iphone-7-plus.jpg

[source site_name = “arstechnica” site_url = “https://arstechnica.com/gaming/2018/04/pubg-creators-finally-decide-a-copycat-game-has-gone-too-far-file-suit/”][/source]


Click to comment
To Top