Featured

Sejumlah Pengguna di Indonesia Terserang Jebakan Lost Mode dan EFI Lock

Tadi malam tepatnya Kamis 10 Agustus 2017, akun Twitter @MakeMac mendapatkan banyak Mention dari para Sahabat MakeMac. Mereka mendadak terkena Lost Mode untuk perangkat iOS dan juga EFI Lock untuk komputer Mac. Ini berarti ada orang lain yang menggunakan Apple ID dan Password mereka, lalu melakukan akses ke fitur Find My iPhone dan melakukan penguncian perangkat.

Jika dilihat lebih detail di setiap perangkat, ada pesan yang bertuliskan bahwa perangkat tersebut dikunci dan pengguna harus menghubungi email help.apple@gmx.com – ini bukan akun email milik Apple. Benar saja, ketika salah satu Sahabat MakeMac mencoba menghubungi email tersebut, langsung diminta tebusan sejumlah $50 untuk membuka kuncian pada perangkat yang digunakan.

Tindakan ini bisa disebut Ransomware namun dalam level peretasan akun dan meminta tebusan, bukan seperti kasus WannaCry yang berupa aplikasi dan menyerang komputer PC. Bagaimana cara kerja si pelaku tersebut? Secara sederhana dia sudah mendapatkan Apple ID dan password yang kamu gunakan, lalu login ke laman iCloud.com untuk akses ke fitur Find My iPhone. Meskipun kamu sudah menggunakan fitur keamanan tambahan 2 Factor Authentication (2FA), hal ini tetap bisa dilakukan karena tidak memerlukan 6 digit kode yang dikirimkan Apple. Penjelasan lengkapnya bisa kamu baca di catatan artikel sebelumnya.

Lalu bagaimana pelaku kejahatan ini bisa mendapatkan akses Apple ID dan Password yang kamu gunakan? Cara paling logis adalah melalui email Phishing dan kamu tidak sadar mengenai kejadian tersebut. Email Phishing bisa berbentuk email yang mirip dengan email Apple namun dengan beberapa hal yang aneh dan harus kamu waspadai. Jika tautan di email itu kamu buka dan digunakan untuk mengisi Apple ID serta password, berarti kamu sudah selangkah lebih dekat untuk menjadi korban kejahatan ini.

Sejumlah Sahabat MakeMac lainnya merasa tidak pernah membuka email Phishing atau input data pribadi seputar Apple ID serta password, namun tetap saja menjadi korban kejahatan ini. Saya pribadi masih tidak tahu bagaimana bisa peretas ini memperoleh password para pengguna jika di luar teknik Phishing.


Baca Juga:


Untuk sementara waktu, kamu bisa mematikan fitur Find My Mac agar tidak menjadi korban berikutnya. Akses pengaturan ini di System Preferences – iCloud. Untuk pengguna perangkat iOS juga sama, masuk dari Settings – iCloud. Jangan lupa untuk segera meningkatkan keamanan dari Apple ID yang kamu gunakan dan pastikan bahwa password di Apple ID tersebut kamu simpan dengan aman.

Bagi Sahabat MakeMac yang sudah terkunci dalam mode Lost Mode atau EFI Lock, silakan segera kontak @AppleSupport atau Apple Online Support untuk mendapatkan bantuan teknis. Jika sudah berhasil membereskan masalah ini, silakan bagikan pengalaman kamu lewat kolom komentar atau Twitter @MakeMac.


18 Comments
  • Aditya Lesmana

    kalo misalnya terkena serangan EFI Lock apa bisa di atasi dengan clean install macOS nya ?

    • setahu saya ga bisa mas, karena pin ini lock sampai level bios

  • zie

    masa gabisa di clean install ?? kan di format lg hdd nya

    • Teguh

      EFI kan level nya BIOS, jadi sebelum proses dia ngebaca HDD nya

  • Aguz Budiarta

    Ane kena kemarin malam, tapi skrg udah bisa kembali pake iforgot. padahal sama sekali ga pernah pakai apple id dimanapun, hebat juga peretasnya.

    • boyke

      udah bisa dimatiin gak find my iphonenya?? diiphone gak bisa di matikan, gak bisa upgrade juga , tulisannya “an error occurred downloading IOS 10.3.3

    • Ellen

      gan, ane juga kena, bagaimana ya mengatasinya? ane butuh data data di dalamnya biar ga hilang gimana ya? ane sudah coba connect ke PC dan itunes di PC tapi error has occured.

  • Audi Endro

    mau ikutan share aja sapa tau bermanfaat, saya sepertinya tau bagaimana hacker itu bisa tau akun icloud yang kena hack, saya pernah beberapakali buka web untuk download seperti torrent, aplikasi2 dan ada beberapa web yang langsung memunculkan jebakan Pop Up yang seakan akan MAC TERKENA VIRUS, pop up ini membuat sedemikian rupa seakan akan mac kita yang memperingatkan, tapi sebenarnya tidak, mungkin ada beberapa pengguna yang waktu itu panik dan memasukan apple id nya untuk menghapus “virus” tersebut. mungkin ini adalahsalah satu dari sekian teknik cara hacker untuk mengelabui pengguna yang masih agak awam soal Mac, khususnya untuk wanita yang pakai mac tapi suka keburu panikan, ini penting untuk mempelajari tentang sistem MAC OS yang terkenal sangat aman

    • Kris

      iya sering tuh dapet pop up ky gitu, tapi langsung gw tutup sih…jadi sepertinya mac gw masih aman….mudah2an…

  • Vicky

    Ini kalau terjadinya di iphone 5 yang ga ada fingerpintnya gimana solusi mengatasi lost mode nya ya?

    Terima Kasih

  • Iqbal

    Ada yg udah berhasil unlock?
    Kalau kontak ke apple support yg butuh disiapkan apa aja ya?

    Baca2 di forum katanya cmn bisa direset dengan dateng ke apple store (gatau kalau d indonesia), dan butuh proof of purchase (bukti pembelian resmi)..

    Baru nyadar kalau di US sempet rame pembobolan jutaan akun icloud di bulan april kemarin. Kurang baca berita jadi ngga siap, ngga ganti password icloud….

  • Kris

    tadi sempet baca disini, entah cara ini berhasil atau gk…tapi kalo ada yang mau coba, silakan
    https://security.stackexchange.com/questions/166425/macos-ransomware-with-efi-lock

  • Edo

    Mungkin ada korelasinya juga terkait phising
    1 bulan terakhir ini sering bangat terima email phising bawa-bawa nama Apple
    anehnya mereka ngirim bukan di email Apple ID sih jadi saya uda merasa ada yang ngga beres duluan

    Semoga bisa segera teratasi masalah ini

  • Ajid

    Mac saya juga terkena ransomware ini minta 4 digit pin. Kemarin udh bawa ke ibox tp disuruh untuk telp call center apple gitu dan baru bisa di telp besok saat jam kerja. Tp tadi coba twit apple dibalas cepat dan diminta data seperti email, serial number mac no telp dan postal code. Katanya sih akan di perbaikin oleh teknisi mereka yg baru bisa dikerjain besok juga.

    • Zaky

      Seriusan d ibox suruh nelpon ke applesupport?aku udh d hubungin app support dan disuggest ke ibox aac gt d menteng

  • very

    Kemarin Jumat gua kena juga dan sure masukin 4 digit nomer, ternyata gua cek email yang gua pake buat apple ada find my phone dari semalem tp kehacknya yg muncul 4 digit itu baru siang besoknya as juta nah gua basa ke estore mereça suruh tinggal pengerjaan sampai seminggu katanya gua bongkar dulu hhdnya untuk slametik data ternyata bisa dan baru deh unlocknya minta tolong ke service center cm surah campai 1 minggu makanya gua call apple support dan mereka help banget dan akhirnya gua hará itu juga judah bisa diambil cm sema data hilang dan aplikasi hilang os turun satu tingkat

  • stanley

    Pake password yang mengandung huruf besar, huruf kecil, angka, dan symbol. Panjang minimal 16-digit dan di random urutannya. Dijamin tidak ada yang bisa tembus, kecuali apple mempunyai bug yang sangat serius.

  • Saya kena masalah yang sama kaya gini, apa ada solusi lain? saya udah coba reset EFI RAM, cabut konektor batre, cabut ram lalu pasang lagi, gak ngaruh. saya coba ikutin petunjuk disini: https://www.ifixit.com/Answers/View/78792/How+do+I+reset+the+firmware+password+on+my+MacBook+Pro tapi gak efek.

To Top