News

Performa MacBook Air Retina Display untuk Edit Video 4K di Final Cut Pro

Kraig Adams, YouTubers yang fokus pada konten travel dan fotografi, telah mencoba MacBook Air Retina Display sebagai komputer hariannya. Kraig membagikan pengalaman tersebut dalam sebuah video dengan tema apakah laptop ini bisa digunakan untuk mengedit video 4K.

MacBook Air Retina Display yang digunakan adalah spek paling rendah yang dapat kamu cek di Apple.com. Yaitu spek CPU 1.6GHz Dual Core Intel i5, 8GB RAM dan 128GB SSD.

Kraig menyarankan kamu untuk membeli MacBook Air Retina Display dengan storage yang lebih besar jika sering mengolah dokumen foto dan video sepertinya. Jika tidak, silakan siapkan anggaran tambahan untuk membeli SSD Eksternala atau Hard Disk eksternal yang menggunakan port USB-C.

Dalam percobaan yang dilakukan, Kraig sudah menggunakan MacBook Air Retina Display untuk mengedit 2 buah video sebelumnya. Semua berjalan lancar dan tidak ada kendala seperti drop frames atau hal buruk lainnya.


Baca Juga:


Sedangkan untuk masalah waktu rendering, MacBook Air Retina Display memerlukan waktu lebih banyak jika dibandingkan MacBook Pro 13 inci tahun 2018.

Sebagai contoh, Kraig melakukan mode export untuk Vlog dalam durasi 10 menit dan memerlukan waktu 15 menit di MacBook Air Retina Display. Jika proses ini dilakukan di MacBook Pro, waktu yang diperlukan jauh lebih singkat yaitu 7 menit saja. Perbedaan yang cukup signifikan, karena secara spek CPU di MacBook Pro menggunakan teknologi Quad Core.

Sebagai rangkumannya, Kraig menjelaskan bahwa semua proses edit video yang akan dia unggah ke YouTube,bisa dikerjakan dengan baik dan lancar di MacBook Air Retina Display.

Bagi kamu yang belum tahu, performa MacBook Air Retina Display memang ada di bawah MacBook Pro. Namun angkanya masih lebih tinggi di atas MacBook 12 inci yang tampil lebih minimalis. Apakah ada Sahabat MakeMac yang berencana membeli MacBook Air Retina Display? Bagikan di kolom komentar ya!


Hasil Benchmark MacBook Air Retina Display Tampil di Geekbench, Seberapa Cepat?


Click to comment
To Top