Featured

Photo Portal: Akses Foto di Mac Lewat iPhone & iPad Tanpa Repot



Sebagai penggemar fotografi, saya punya banyak koleksi foto ketika bepergian dengan teman atau keluarga. Terkadang saat sengang saya ingin iseng melihat lagi foto-foto di komputer Mac tersebut tanpa perlu beranjak dari tempat tidur dan cukup menggunakan iPhone atau iPad. Gimana caranya? Coba gunakan Photo Portal, aplikasi Remote Photo Browser dengan pengaturan mudah dan fungsi lengkap. Yuk kita bahas!

Mengenal Photo Portal

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Aplikasi karya pengembang Arrikon ini punya fitur yang sangat sederhana dan mudah digunakan oleh siapa saja. Yaitu menghubungkan komputer Mac kamu dengan perangkat iOS seperti iPhone atau iPad untuk mengakses foto yang ada di hard disk. Fitur ini dapat dinikmati via jaringan WiFi internal (dalam 1 jaringan di rumah misal) atau koneksi sellular namun tanpa perlu unggah ke layanan cloud service seperti para pesaingnya. Menarik kan? Yuk buruan cobain!

Pengaturan Awal, Gak Pake Ribet!

Pertama kamu harus menginstal Photo Portal Server di komputer Mac, dengan minimal kebutuhan sistem OS X 10.6. Silahkan unduh di laman Photo Portal for OS X yah dan lakukan beberapa pengaturan sederhana dari panduan yang diberikan. Sebaga catatan, Photo Portal di Mac hadir pada menu bar bagian kiri atas.

Lanjutkan dengan Photo Portal di iOS, kamu dapat mengunduh aplikasi ini seharga $4.99 dan langsung instal pada perangkat dengan iOS 7 atau yang lebih baru. Saran saya untuk pertama kali hubungkan kedua perangkat kamu dalam sebuah jaringan WiFi untuk pengaturan yang lebih sederhana.

Nah jika sudah saling terhubung, tinggal buka Photo Portal di perangkat iOS untuk dapat menghubungi versinya di komputer. Demi menjaga keamanan, sang pengembang memberikan autentifikasi berupa Username & Password untuk akses Photo Portal. Atur bagian ini dengan cepat dan mudah saja, lewat komputer Mac kamu.

Antarmuka Photo Portal di iOS

Sudah berhasil menghubungkan Photo Portal di iOS dan OS X? Nah sekarang akses saja folder favorit berisi foto yang ingin kamu intip dengan mudah dan cepat. Di bagian list folder, tekan ikon tersebut untuk membuka dan melihat isi fotonya atau tekan ikon panan di sebelah kanan untuk masuk ke sub-folder yang ada di dalamnya.

Hal paling menarik adalah Photo Portal mendukung rotasi mendatar dan tegak bahkan pada perangkat iPhone. Mode swipe juga diberikan secara horisontal sehingga membuat kamu lebih nyaman. Beberapa tombol yang dapat diakses adalah mode tampilan thumbnail atao fullscreen, share extension iOS 8, slideshow, ikon folder untuk membuka bagian lain dan pengaturan.

Apakah hanya dapat melihat foto? Tentu saja tidak. Photo Portal di iOS juga dapat mendukung format menandai foto, filterisasi dan juga menghapusnya langsung dari Library. Bahkan dengan hadirnya share extension iOS 8, pengguna dapat menyimpannya di Camera Roll atau bahkan langsung unggah ke sosial media seperti Facebook, Twitter atau aplikasi pesan. Menarik kan!


Baca Juga:

  • Flickr 4.0 Mendapatkan Wajah Baru & Fitur Auto Uploadr

  • Typorama: Bikin Desain Gambar & Quote Ekstra Cantik di iPhone, iPad


Berminat Mencoba?

Saya merasa sangat terbantu dengan kehadiran Photo Portal untuk mengakses beragam foto ketika sedang tidak berada di depan komputer. Selain tidak memerlukan layanan cloud service, Photo Portal juga punya desain yang sangat apik dan mendukung filterisasi cerdas. Meskipun dibanderol dengan harga yang lumayan, aplikasi ini pantas untuk segera kamu unduh dan membantu melihat-lihat koleksi foto.

Segera unduh Photo Portal dari tautan di bawah dan selamat mencari foto dengan mudah ya!

Download Photo Portal · Harga: 75000


1 Comment

1 Comment

  1. Hanisy

    19 May 2015 at 19:10

    pemberitahuan sangat bermanfaat sekali……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top