News

PhotoSweeper Kini Mendukung Adobe DNG dan Performa Lebih Baik



PhotoSweeper

PhotoSweeper, aplikasi untuk membantu kamu mencari foto yang terduplikat di OS X ini hadir dengan beberapa pembaruan fitur menarik. Pembaruan aplikasi karya pengembang Gwinno Software ini telah memberikan dukungan kepada format file .DNG dari Adobe dan tambahan kategori filterisasi sebuah foto serta beberapa fitur menarik.
Berikut ini daftar pembaruan versi 1.9.7 yang diberikan oleh sang pengembang:

  • Support of DNG format images (Digital Negative by Adobe). DNG has been widely used by Lightroom, Photoshop and other Adobe products users for storing images.
  • “Lock photos”. Locked photos are used for comparison but can’t be marked for removal.
  • Search of photos in the app browser – the filter panel with up to 30 criteria. These include: item location, dates, file type, rating and colors, image characteristics and camera details.
  • Other minor improvements.

Bagi kamu yang belum pernah membaca review PhotoSweeper sebelumnya, kali ini saya berikan review singkat dari hasil menggunakan PhotoSweeper sejak beberapa jam lalu.

Cara Menggunakan PhotoSweeper

PhotoSweeper Scan

PhotoSweeper mendukung penghapusan foto duplikat di iPhoto, Aperture, Lightroom maupun Finder dengan cara manual. Kali ini saya akan membahas singkat cara penggunaan PhotoSweeper untuk menghapus foto-foto dari Finder.

Pertama-tama lakukan drag and drop terhadap folder berisi foto-foto kamu di Finder ke aplikasi ini. Lakukan pengaturan di sisi kanan jendela aplikasi seperti metode komparasi, ukuran file, tingkat kemiripan foto, dan beberapa hal lainnya. Setelah itu tekan tombol biru dengan tulisan Compare di bagian bawah agar PhotoSweeper memulai proses scanning foto-foto tadi.


Baca Juga: PhotoSweeper: Merapikan Koleksi Foto di Mac


Seleksi Foto Dengan Mudah

Seleksi

Setelah proses scanning selesai, akan muncul pemberitahuan untuk memberikan tanda pada foto-foto yang dianggap sama. Kamu dapat meminta PhotoSweeper memberikan tanda secara otomatis dengan menekan tombol Auto Mark.

Terdapat 2 mode untuk membandingkan foto-foto yang telah ditandai yaitu mode Face-to-Face untuk melihat setiap foto atau Group List untuk melihat langsung beberapa kumpulan foto. PhotoSweeper akan memberikan tanda merah untuk setiap foto yang dianggap sama dan dihapus setelah kamu menekan tombol Trash Marked di kiri bawah. Bila kamu merasa tidak ingin menghapusnya, tekan pointer mouse 2x di foto tersebut untuk menghilangkan tanda merah atau merubahnya jadi berwarna hijau.

Dalam pembaruan ini PhotoSweeper juga sudah mendukung fitur Lock Photos yaitu tidak akan menghapus setiap foto yang telah kamu kunci, baik ketika di Finder maupun dari kamera digital. Menurut pendapat saya ini adalah pembaruan fitur paling menarik yang sangat memudahkan para fotografer.

Menghapus Foto Dengan Cepat

Menghapus PhotoSweeper

Setelah memberikan tanda pada setiap foto yang ingin dihapus, tekan ikon tong sampah bertuliskan Trash Marked di kiri bawah. Sekarang kamu tinggal membiarkan PhotoSweeper bekerja menghapus setiap foto yang telah ditandai. Setelah itu lakukan Empty Trash di Finder dengan menekan Finder > Empty Trash di menu bar atau langsung dari ikon tong sampah di dock.

Saran saya jangan terburu-buru mengosongkan Trash, karena bisa jadi kamu salah memilih foto yang ditandai. Teliti kembali sebelum memutuskan untuk hal tersebut.

Akhir Kata

Saya sudah mencoba PhotoSweeper dan semuanya terasa sangat mudah. Dukungan terhadap beragam filterisasi, pengaturan yang dapat dikustomisasi cukup banyak, serta proses yang cepat telah membuat saya puas dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna OS X dari mulai sistem operasi OS X 10.6.6 hingga OS X Mavericks terbaru. Harganya? PhotoSweeper dibanderol dengan harga $ 9.99 di Mac App Store.

Download PhotoSweeper · Harga: 149000


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top