Reviews

Pengalaman Pertama Mencoba Portrait Lighting di iPhone X


Bagi pengguna iPhone 7 Plus, pasti sudah mengenal Portrait Mode, salah satu fitur yang menggunakan kamera gandanya. Kini di iPhone 8 Plus dan iPhone X, Apple memberikan fitur baru untuk kamera ganda tersebut dengan nama Portrait Lighting. Apa bedanya Portrait Lighting dengan fitur lawas? Yuk simak pengalaman tim MakeMac mencoba Portrait Lighting di iPhone X!

Mengenal Portrait Lighting


Portrait Lighting adalah pengembangan dari fitur Portrait Mode yang menggunakan lensa ganda di iPhone 8 Plus dan iPhone X. Hasil foto dari Portrait Lighting akan menghasilkan efek depth-of-field atau objek utama fokus dan objek latar belakang lebih blur. Dalam dunia fotografi, hal ini biasa disebut bokeh. Sebagai tambahan catatan, fitur Portrait Lighting tersedia di kamera depan dan belakang untuk perangkat iPhone X, sedangkan pada iPhone 8 Plus hanya tersedia di kamera belakang.

Apa bedanya Portrait Lighting dan Potrait Mode? Secara sederhana, Portrait Lighting punya beberapa efek cahaya dengan standar studio foto untuk membuat gambar lebih menarik. Berikut ini daftar Portrait Lighting yang diberikan oleh Apple di iPhone 8 Plus dan iPhone X:

  • Natural Light: Normal.
  • Studio Light: Efek wajah lebih cerah.
  • Contour Light: Pencahayaan yang lebih terarah dan efek dramatis.
  • Stage Light: Mengisolasi subjek di bagian tengah atas dan menjadikannya fokus utama.
  • Stage Mono: Sama dengan Stage Light namun menggunakan warna hitam putih
 Portrait Lightning dengan kamera belakang iPhone X. Kiri ke kanan (Studio, Contour, Stage, Stage Mono)

Portrait Lightning dengan kamera belakang iPhone X. Kiri ke kanan (Studio, Contour, Stage, Stage Mono)

Cara memilih efek Portrait Lighting juga sangat mudah dan cepat. Kamu tinggal buka aplikasi Camera di iPhone 8 Plus atau iPhone X, pilih PORTRAIT dan tekan tombol putar di bagian atasnya. Silakan pilih efek yang kamu suka dan preview hasilnya otomatis tampil di layar sebelum kamu menekan tombol jepret.

Semua tips dasar untuk menghasilkan foto yang baik di Portrait Lighting juga berlaku dari tips Portrait Mode yang pernah saya bagikan sebelumnya. Seperti meminta objek foto mengarah ke kamera, ambil foto di luar ruangan dengan cahaya yang cukup dan beberapa hal lainnya.


Baca Juga:


Belum Sempurna, Butuh Perbaikan

 Portrait Lightning dengan kamera belakang iPhone X. Kiri ke kanan (Studio, Contour, Stage, Stage Mono)

Portrait Lightning dengan kamera belakang iPhone X. Kiri ke kanan (Studio, Contour, Stage, Stage Mono)

Apple masih memberikan label Beta untuk fitur Portrait Lighting. Ya, hasilnya terkadang masih di bawah ekspektasi saya atau kamu yang biasa menggunakan kamera mirrorless atau DSLR, dengan lensa bukaan lebar untuk mendapatkan hasil bokeh terbaik. Semoga di update iOS 11 yang akan datang atau mungkin di iOS 12 tahun depan, Apple akan terus memperbaiki Portrait Lighting di iPhone 8 Plus dan juga iPhone X.

Tips Menggunakan Portrait Lighting


Bagi kamu yang sudah mencoba Portrait Lighting dan merasa hasilnya belum maksimal, silakan coba beberapa tips berikut ini:

  • Update iOS 11 ke versi terbaru untuk terus mendapatkan peningkatan fitur Portrait Lighting dan beragam lainnya.
  • Gunakan pakaian atau kostum yang menggunakan warna gelap untuk mencegah over exposure.
  • Pilih latar belakang yang monoton, tidak banyak warna atau objek dengan fokus tidak terbatas seperti pemandangan atau hal lainnya.

Sudah Mencoba Portrait Lighting?


Saya sudah mencoba Portrait Lighting di iPhone X baik dengan kamera depan atau kamera belakangnya. Meskipun belum sempurna, hasil jepretan dari Portrait Lighting di iPhone X punya banyak peningkatan jika dibandingkan hasil dari iPhone 7 Plus. Isolasi bokeh yang lebih baik dan warna yang lebih natural adalah beberapa yang paling saya rasakan. Bagaimana dengan kamu, sudah mencoba Portrait Lighting? Bagikan di kolom komentar ya!


Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top