Featured

Radiation City, Bertahan Hidup di Kota Penuh Zombie



Games dengan tema survival atau bertahan hidup memang tergolong cukup sedikit di App Store. Salah satunya yang baru dirilis adalah Radiation City. Atypical Games sebagai pengembang Radiation City memberikan jalan cerita yang mudah dipahami, cara bermain menegangkan dan menuntut kamu untuk selalu fokus. Tim MakeMac sudah mencoba Radiation City dan ingin berbagi reviewnya untuk pengguna iOS dan macOS . Yuk simak!

Mengenal Radiation City

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Games ini menggunakan latar belakang daerah pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl yang pastinya kamu kenal dari buku sejarah. Kamu berperan sebagai seorang reporter yang ingin menjemput kekasihnya dalam tugas lapangan menggunakan helikopter. Malangnya dalam perjalanan di udara, tiba-tiba helikopter tersebut rusak dan kamu harus bertahan hidup di kota mati sambil mencari jejak dari tim lainnya. Ternyata di kota yang sunyi dan sepi ini kamu tidak sendirian, ada banyak zombie dan hewan buas lainnya yang menant. Tugas utama yang harus kamu lakukan di Radiation City adalah mencari jejak dari kekasih kamu dan tim mereka dan tentunya terus bertahan hidup dan memperkuat diri.

Kendali dan Mode Tampilan

Radiation City menggunakan kendali yang sangat mudah yaitu 2 virtual joystik di sisi kiri dan kanan layar. Kamu juga punya mode pandangan First Person atau Third Person yang bisa diganti secara mudah dari tombol kamera, di sebelah kiri Health. Ada juga tombol untuk merekam permainan dan juga Broadcasting lewat aplikasi siaran langsung yang kamu gunakan.

Tombol lain yang ada di layar utama adalah Inventory di kiri atas, mode akses karakter, misi, peta dan banyak lainnya di bagian kanan atas serta mode Action dan senter di sebelah kiri dan kanan sesuai pengaturan yang kamu lakukan. Radiation City juga punya 3 mode gerakan pemain yaitu jongkok/ berdiri, berlari serta melompat. Bagian ini diakses lewat sebelah kanan bawah layar ya.

Karakter yang kamu gunakan juga menggunakan sistem peningkatan kemampuan dengan Level dan atribut kostum yang mempengaruhi banyak hal. Misalkan baju anti radiasi, wajib digunakan jika kamu berada di sekitar lokasi pabrik atau tempat dengan tanda radiasi yang tinggi. Begitu pula dengan ukuran tas yang bisa menjadi berapa banyak barang yang bisa kamu bawa dan juga pakaian lainnya.

Untuk mendapatkan update Level, kamu harus terus mengikuti jalan cerita dan mengalahkan zombie yang menyerang. Setiap kenaikan Level akan memberikan point Skill yang bisa kamu pilih. Mulau dari peningkatan kekuatan, kecepatan berlari, stamina, kekuatan untuk menahan lapar, haus dan radiasi serta beberapa hal lainnya.


Baca Juga:


Sistem Checkpoint dan Berlindung di Malam Hari

Seperti kebanyakan games survival, kamu harus berlindung di malam hari untuk terhindar dari serangan makhluk buas. Jika ingin tetap berjalan di malam hari, pastikan untuk memiliki senter dengan baterai yang cukup atau membawa lampu. Tidur di malam hari juga hanya bisa kamu lakukan di tenda yang telah disediakan pada beragam tempat pada bagian Map atau buat sendiri tenda kamu jika berhasil menemukan benda tersebut. Sebagai tambahan catatan, pengguna juga bisa menggunakan fitur Fast Travel alias berpindah secara cepat antar tenda tadi untuk menghemat waktu transportasi dan mencegah serangan musuh.

Mengambil Barang dan Membuat Barang Lain

Semua barang yang akan kamu gunakan di Radiation City hanya bisa diperoleh dengan mengambilnya dari tempat yang ditinggalkan atau setelah kamu berhasil mengalahkan musuh. Barang ini terdiri pakaian, tas, obat-obatan, senjata dan juga bahan makanan serta benda yang bisa disusun untuk menjadi benda lain. Contohnya untuk membuat masakan daging, kamu harus menggunakan daging mentah yang berasal dari serigala yang kamu kalahkan dan juga kompor.

Setiap benda yang digunakan sebagai senjata dan pakaian juga memiliki masa pakai dan bisa rusak jika sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Pilihannya jika sudah rusak hanya ada 2 saja, ganti dengan benda lain atau perbaiki menggunakan Duct Tape jika kamu memiliki benda tersebut. Senjata api juga memiliki batasan berupa peluru yang sangat sedikit dan cukup sulit untuk ditemukan.

Transportasi dan Rapikan Barang Simpanan

Dalam games Radiation City kamu akan banyak menemukan misi yang memerlukan jarak tempuh cukup jauh. Namun jangan takut bosan, games ini juga punya mode transportasi dengan mobil yang membuatnya lebih cepat dan menarik. Ada banyak posisi bengkel mobil yang bisa kamu jarah dan gunakan sesuka hati, pastikan saja kamu punya benda yang diperlukan untuk memperbaiki mobil tersebut sebelum digunakan untuk pertama kali.

Sebagai tambahan, mobil yang ada di Radiation City juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan dari beragam barang yang kamu temukan. Pastikan saja untuk mencatat setiap barang yang kamu simpan di mobil supaya tidak kebingungan ketika membutuhkannya dalam misi berikutya atau mungkin menemukan padanan yang cocok untuk membuat sesuatu.

Melawan Musuh dan Menyelesaikan Misi

Musuh utama di Radiation City sebetulnya bukan para zombie atau makhluk buas yang bisa mengintai kapan saja. Namun kemampuan kamu untuk bertahan hidup dan mencari jalan terbaik untuk menyelesaikan sebuah misi. Contohnya adalah memanfaatkan kendaraan yang disediakan semaksimal mungkin, kabur dari serangan zombie yang tidak bisa kamu kalahkan atau lebih giat mencari benda yang bisa dijarah dan membuat persediaan dalam setiap markas.

Saya sudah bermain Radiation City hingga mencapai level 15 dan terus ketagihan untuk bermain. Misi yang diberikan di Radiation City sebetulnya tidak sulit namun butuh kesabaran untuk berpindah dari satu zona ke zona lain dan tentunya punya beberapa persediaan secara cukup. Sebagai catatan, jika karakter kamu kalah dalam bertarung dengan musuh dan mati, permainan akan kembali bangkir dari tenda terakhir yang disinggahi. Biasanya beberapa barang akan jatuh dan tertinggal di tempat terakhir kamu mati dan bisa kembali di ambil.

Yuk Segera Unduh Radiation City!

Games ini dijual oleh Atypical Games dengan harga 75 ribu Rupiah untuk pengguna iOS. Bagi kamu yang lebih nyaman dengan layar besar dan kendali keyboard, Radiation City juga bisa dibeli di Mac App Store dengan harga yang sama. Dengan kendali yang mudah, grafis sekelas games di komputer dan bebas in-app purchases serta sistem Save Data dalam beberapa slot, saya sangat merekomendasikan kamu untuk mencoba Radiation City. Silakan unduh games Radiation City dari tautan di bawah ini dan selamat berburu!

Download Radiation City · Harga: 75000

Download Radiation City · Harga: 75000


Click to comment
To Top