News

Update Reformator 1.2: Fitur Edit Metadata Foto Massal di OS X

Judul

Grup pengembang Overmacs akhir pekan lalu menghubungi tim MakeMac untuk berita update Reformator. Aplikasi batch editing foto dengan beragam fitur menarik ini punya fitur baru – Metadata Editor! Ya, para pengguna kini dapat menghapus atau mengubah data EXIF dari sebuah foto semisal GPS, Copyright Info, tanggal penggambilan gambar atau hal lainnya.

Sebelum membahas lebih lanjut, simak dulu video tutorial penggunaan fitur baru tadi ya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Secara sederhana, kini ada tombol baru di bagian kiri bawah tampilan awal yang berjudul Edit EXIF. Setelah memilih gambar yang ingin kamu edit secara masal dengan Reformator, tekan tombol tersebut untuk masuk ke jendela baru yang menempel di halaman utama.

Judul

Mirip dengan mode Edit yang ada jika masuk lewat tombol Continue, disini kamu tinggal menekan ikon + untuk memilih Actions yang dibutuhkan. Beberapa fitur yang ada di bagian Edit Metadata adalah mengatur tanggal pengambilan foto, menghapus Private Tags (koordinat GPS, Camera Info), memasukkan keywords dan beragam hal lainnya.


Baca Juga:

Judul

Hal yang paling saya suka dari fitur ini adalah mengubah koordinat GPS dari foto yang kamu pilih. Misalkan kamu sedang memotret dengan iPhone dan lupa menyalakan Location Services, fitur ini tentunya akan sangat membantu. Menarik kan!

Sebagai catatan fitur Edit Metadata tentunya bersifat masal atau batch editing untuk semua foto yang kamu pilih di awal tadi ya. Nah bedanya dengan fitur edit gambar, Edit Metadata tidak meminta pengguna membuat salinan foto untuk disimpan. Saran saya salin dahulu foto asli kamu ke Desktop misal untuk sekedar mencoba Edit Metadata yang pertama kalinya.

Tim MakeMac sendiri selalu menggunakan Reformator untuk melakukan edit foto secara masal. Misalkan memberikan watermark, mengubah kontras foto yang kurang tegas atau beragam hal lainnya. Jika kamu masih penasaran dengan Reformator, simak review lengkapnya dari tautan di bawah ini yah.

Reformator tersedia gratis untuk masa ujicoba (Free Trial) dari laman sang pengembang. Jika kamu sudah betah dan ingin terus menggunakan, silahkan beli Reformator di Mac App Store seharga $ 7.99. Gunakan tautan di bawah ini untuk akses lebih cepat ya.

Download PhotoMill: Batch Convert, Edit Metadata, Rename, Resize, Watermark, and even more · Harga: 149000


Review Reformator for Mac, Edit Foto Massal Dengan Cepat & Mudah

Gambar
Click to comment
To Top