Featured

Review Alto’s Odyssey, Meluncur di Gurun dengan Grafis Memukau



Games Alto’s Odyssey akhirnya rilis di bulan Februari 2018, tepat dengan masa pre-order yang diberikan beberapa minggu lalu. Games ini sebelumnya dijadwalkan rilis akhir tahun lalu namun harus mundur beberapa bulan.

Waktu tunggu yang semakin lama tidak membuat saya kecewa.Bahkan kali ini tim MakeMac mendapatkan kesempatan bermain games dari Team Alto ini sejak versi Beta dan akhirnya rilis untuk pengguna umum. Apa bedanya Alto’s Odyssey dan games sebelumnya yang rilis 3 tahun lalu, Alto’s Adventure? Keseruan apa saja yang dapat kamu temukan? Simak semuanya di review tim MakeMac berikut ini ya!

Mengenal Alto’s Odyssey

Tampilan utama di Alto’s Odyssey adalah gurun pasir yang kering dan meluncur di atas papan sandboard, bukan snowboard seperti di Alto’s Adventure. Meskipun kering, gurun ini dibuat sangat cantik dengan latar belakang matahari terbit, terik siang hari, badai gurun, hujan, matahari tenggelam dan kegelapan malam yang sangat eksotik. Kamu bisa betah bermain lama di games ini sambil menikmati suasana yang diberikan.

Masih menggunakan genre yang sama, Alto’s Odyssey adalah games endless running. Kamu akan menemukan tampilan grafis 2D dari arah samping untuk karakter yang terus meluncur dari sisi kiri layar ke kanan.

Ada beragam rintangan yang akan kamu temukan sepanjang permainan. Mulai dari bebatuan, balon udara, jembatan titian dengan tali dan juga jurang serta batu yang bisa digunakan untuk meluncur jika sudah membeli sandboard khusus

Kendali yang diberikan juga sederhana, cukup tekan layar untuk melompat dan tekan tahan untuk melakukan backflip. Jika sudah lama bermain, kamu bisa membeli Wingsuit untuk mengubah selendang yang dipakai Alto sebagai alat terbang khusus, kendalinya adalah tekan dan tahan lebih kuat (3D Touch di iPhone 6s atau lebih baru). Mode meluncur di dinding batu juga menggunakan mekanisme tekan layar dan lepas di saat yang tepat. Semuanya hanya seputar penggunaan satu jari saja untuk membuat Alto’s Odyssey menjadi mudah dimainkan.

Alto’s Odyssey juga menggunakan gaya mendapatkan kecepatan yang sama dengan sebelumnya. Yaitu semakin banyak aksi berbahaya atau hal seru yang kamu lakukan, selendang di lehernya akan semakin panjang dan meluncur dengan cepat. Kamu juga bisa mendapatkan kekuatan ekstra, beberapa saat setelah melakukan backflip agar dapat menabrak batu tanpa takut terjatuh. Kekuatan ini juga bisa kamu dapatkan jika mendapatkan Lotus, objek dengan warna ungu yang tersebar di sepanjang permainan.

Beragam Hal Baru di Alto’s Odyssey: Balon Udara Hingga Lemur

Pertama tentu saja ekosistem baru, berada di gurun dengan sejumlah detail menarik. Seperti balon udara, jembatan kayu, jurang dan lompatan tinggi yang harus kamu lakukan dengan tepat serta Lemur. Ya, Lemur adalah hewan pengganggu yang akan mengejar karakter Alto di sekitar capaian 2500 meter.

Kamu baru bisa kabur dari hewan ini jika sudah bertemu dengan jurang dan melakukan lompatan tinggi. Detail baru lainnya adalah bukit batu yang bisa digunakan untuk meluncur, burung yang akan mengikuti kamu, oasis kecil dengan air dan beberapa hal lainnya.

Mengumpulkan Koin dan Belanja

Kumpulkan koin yang tersebar di gurun untuk membeli beragam benda tambahan lewat Workshop. Mulai dari Lotus Timer, Magnet Timer, Sandboard, Wingsuit, Compass untuk berpindah antar daerah dan Helmet serta Chasm Rescue untuk menyelamatkan pengguna setelah terjatuh dari jurang.

Tidak ada konten in-app purchases yang akan kamu temukan di Alto’s Odyssey. Jadi tidak ada cara cepat untuk menjadi kaya atau hal lainnya. Semua uang yang kamu peroleh hanya berasal dari koin yang didapatkan dan juga konversi Tricks yang dilakukan sepanjang permainan atau bonus lainnya.


Baca Juga:


3 Misi dan Karakter yang Sama

Alto’s Odyssey masih menggunakan gaya klasik dari games mereka sebelumnya. Yaitu 3 misi yang harus kamu selesaikan pada setiap levelnya, untuk masuk ke level yang lebih tinggi. Setelah menyelesaikan 11 level, kamu akan mendapatkan karakter baru dan bisa dipilih dari tampilan utama.

Misi yang diberikan juga berhubungan dengan rintangan yang ada di Alto’s Odyssey. Misalkan di bagian awal, kamu akan berkenalan dengan balon udara, beberapa hal dasar seputar Backflip dan mengumpulkan koin. Setelah melaju lebih jauh dan bisa membeli papan seluncur baru, misi akan berhubungan dengan mode meluncur di tembok batu atau hal lainnya. Bahkan ada beberapa misi yang harus dilakukan oleh karakter baru yang kamu dapatkan.

Alto’s Odyssey masih menggunakan susunan karakter yang sama. Yaitu Alto, Maya, Paz dan lain sebagainya. Setiap karakter punya kemampuan khusus yang bisa digunakan sesuai kebiasaan pengguna. Misalkan untuk Maya, dibuat lebih ringan dan bisa melakukan Backflip dengan mudah. Sedangkan Paz dengan tampilan yang besar, akan meluncur lebih cepat di turunan namun kurang jago dalam melakukan Backflip di lompatan rendah.

Tampilan Lega dan Detail Terbaik

Seiring perkembangan perangkat iPhone yang memiliki layar besar, pengembang Alto’s Odyssey nampaknya sengaja membuat karakter di games ini lebih kecil. Ya, tujuannya adalah mengajak kamu menikmati latar belakang yang diberikan dengan lebih lega, terutama gradasi warna dan detail angin atau bagian lainnya yang mendukung Alto’s Odyssey secara tampilan. Jika kamu memiliki perangkat iPad Pro, silakan unduh Alto’s Odyssey dan nikmati pemandangannya dengan lebih lega.

Bicara detail, Alto’s Odyssey menyajikan banyak detail yang lebih baik dan membuat saya betah untuk terus bermain. Pertama adalah badai gurun yang memberikan pemandangan terbatas. Bahkan terkadang kamu akan menemukan kumpulan angin yang bisa melontarkan karakter Alto’s Odyssey dari tanah dan mendarat di tempat yang tidak tepat.

Berikutnya adalah tampilan malam yang sangat gelap dan terkadang hanya menyisakan karakter kamu dalam debu seluncur yang cukup sulit untuk dilihat. Bagian ini juga terasa sangat magis karena malam yang tenang, bulan purnama cerah, ditambah adegan meluncur yang dipenuhi koin dalam warna cerah. Tips untuk memainkan Alto’s Odyssey di kegelapan malam, gunakan tingkat kecerahan layar di atas 50% ya!

Setelah malam hari, ada tampilan di siang dan sore hari menjelang malam yang tidak kalah cantik. Alto’s Odyssey punya grafis terbaik di saat matahari terbenam dengan langit merah dan ungu yang sangat cantik. Bagian favorit saya di tampilan ini adalah melompat dari jurang dengan ramp yang tinggi menjulang lalu melakukan Backflip.

Segera Unduh Alto’s Odyssey Ya!

Masih banyak hal menarik yang dapat kamu temukan di Alto’s Odyssey ya. Mulai dari 3 wilayah yang dapat dipilih atau berpindah-pindah, beragam tantangan menyelesaikan level hingga menggunakan benda tambahan yang didapatkan dengan mengumpulkan koin serta melakukan misi yang terkait. Semua fitur pelengkap yang ada di Alto’s Adventure, juga dapat kamu temukan di Alto’s Odyssey. Mulai dari Zen Mode, Photo Mode dan tentu saja cadangkan data ke iCloud untuk bermain di Apple TV.


  • Zen Mode: Bermain tanpa misi, koin dan pemain akan otomatis hidup kembali jika jatuh atau terjun ke jurang. Kamu bisa menggunakan mode ini untuk relaksasi lewat suara latar belakangnya dan bermain Alto’s Odyssey sepuasnya.
  • Photo Mode: Saat bermain, silakan tekan tombol Pause dan temukan Photo Mode. Fitur ini bekerja seperti screenshot layar namun mendukung mode zoom untuk mendapatkan tangkapan gambar yang tepat. Kamu juga bisa langsung membagikan gambarnya lewat sosial media atau simpan ke Camera Roll.

Tim MakeMac sudah bermain Alto’s Odyssey dan sangat menikmat detail terbaik yang diberikan. Dari langit yang sangat cantik saat senja, Backflip dan bisa mendarat dengan pas atau menyambung ke gerakan lain, melakukan beragam misi menantang, serta meluncur di dinding adalah sejumlah bagian favorit saya di games tersebut.

Silakan unduh Alto’s Odyssey dengan harga 75 ribu Rupiah ya! Harga yang tinggi ini saya rasa sepadan dengan permainan yang akan kamu dapatkan dan tentunya bebas in-app purchases. Segera unduh Alto’s Odyssey dan gunakan tautan di bawah. Jangan lupa pamerkan permainan Alto’s Odyssey kamu di Twitter @MakeMac!

Download Alto's Odyssey · Harga: 75000


Click to comment
To Top