Miscellaneous

Review Fotograf: Edit Foto dengan Gesture Sederhana dan Lengkap



Mengedit foto adalah sebuah kegiatan waktu luang yang sering saya gunakan. Meskipun dikerjakan pada waktu luang, saya tetap butuh aplikasi yang powerfull dan mudah digunakan kapan saja. Fotograf menjadi salah satu pilihan yang baru saja saya coba beberapa hari ini.

Tertarik untuk ikut mencobanya? Simak dulu review Forograf dari tim MakeMac ya!

Mengenal Forograf

Tim pengembang Forograf tampaknya fokus sebagai aplikasi edit foto dengan beragam filter yang sederhana, mudah digunakan namun fiturnya tetap lengkap. Kamu bisa menikmati lebih dari 36 filter foto bawaan di Forograf secara gratis setelah mengunduh aplikasi ini. Semua filter tadi ada dalam beberapa paket filter yang sesuai misalkan Black & White, Color, Film Tone dan lainnya.

Edit dengan Gesture dan Preview


Di bagian awal penggunaan saja kamu sudah bertemu dengan beberapa gesture sederhana dari Forograf. Yaitu setelah memilih filter, swipe layar ke arah bawah untuk menutup daftar filter yang dipilih lalu lakukan mode edit tambahan. Yaitu mengubah contrast, brightness, vignette dan beberapa hal lainnya.

Bagian paling menarik dari edit tambahan di Forograf adalah bisa melihat preview hasilnya dari bagian slider bar. Misalkan untuk kecerahan gambar, kamu bisa melihat hasil paling cerah atau paling gelap, bahkan sejak sebelum menggesernya. Fitur semacam ini belum pernah saya temukan di aplikasi filter foto populer lainnya. Meskipun sederhana, bagian ini cukup membantu untuk kamu pengguna pemula yang masih ragu atau bingung dalam mengedit foto dengan cepat dan tepat.


Baca Juga:


Simpan Filter dan Jepret Gambar dengan Filter


Sudah menemukan “formula” filter foto yang paling kamu suka? Silakan simpan saja di mode Favorite dan kembali gunakan saat kamu perlukan. Cara menggunakan mode Favorite adalah masuk ke bagian edit tambahan, scroll hingga ke bagian paling bawah lalu Save As Favorite.

Setelah itu silakan pindah ke tab filter dan temukan mode Favorite di bagian paling kiri. Forograf mendukung mode penyimpanan 3 filter Favorit yang bisa kamu hapus dengan cara tekan dan tahan hingga menampilkan mode Delete Filter.

Fitur rahasia berikutnya yang dapat kamu gunakan adalah Auto-Filtered Photos. Mode ini akan membantu kamu beralih dari mode edit gambar ke fitur jepret gambar di Forograf. Tidak hanya jepret biasa, namun langsung menghasilkan gambar yang menggunakan filter yang tadi dipilih.

Pengalama Menggunakan Forograf


Saya cukup menikmati Forograf untuk mengedit gambar dengan beragam filter yang diberikan dan juga mode edit tambahan. Sistem filter Favorite, gesture cepat dan beberapa hal ringkas lainnya membuat tampilan Forograf sangat mudah digunakan dan tidak terasa ribet. Kelebihan berikutnya adalah mode simpan gambar di Forograf mendukung pengaturan resolusi. Mulai dari 800, 1200 hingga Full Size alias sesuai resolusi gambar.

Sedikit kekurangan di Forograf adalah tidak mendukung mode Zoom In untuk foto yang sedang kamu edit. Sehingga saya tidak bisa mengamati detail dari beberapa bagian dari sebuah foto jika diperlukan. Filter gratisan yang disediakan juga terasa sedikit monoton, mungkin saya harus membeli konten filter tambahan lewat in-app purchase untuk mendapatkan hasil yang lebih unik.

Tertarik mencoba Forograf? Yuk segera unduh dengan tautan di bawah ya! Tersedia untuk pengguna iPhone dan iPad dengan iOS 8 atau lebih baru.

Download Fotograf · Harga: Gratis


Kupas Tuntas Memotret Gambar RAW di iPhone


Click to comment
To Top