Reviews

Review GoodCash: Atur Keuanganmu Dengan Mudah Melalui iPhone

GoodCash

Mengatur keuangan personal adalah sebuah hal yang wajib dilakukan, dan untuk membantumu dalam hal tersebut, kamu bisa coba untuk mulai menggunakan GoodCash, aplikasi keuangan personal untuk iPhone karya anak bangsa.

GoodCash adalah aplikasi yang membuat kamu seperti mempunyai konsultan finansial pribadi. Aplikasi ini mempunyai langkah kerja yang mudah dan sistem pencatatan yang akurat. Kamu juga bisa membagi pengeluaran dengan persentase yang bisa diatur untuk beberapa jenis. Berikut ini langkah-langkah penggunaan GoodCash:

Mempelajari Tampilan GoodCash

Good Cash 2

Aplikasi dengan warna hijau pada bagian status bar ini memiliki tampilan yang sederhana dan dibagi menggunakan 4 tab pada bagian bawah yaitu Wallet, Bank, Savings, dan Settings. Pertama kamu harus melakukan pengaturan yang ada di tab Settings.

Tekan tab Settings lalu kamu bisa melihat beberapa pengaturan yang bisa dilakukan. Pada bagian Disposable Income berikan presentase uang yang bisa digunakan pada pos-pos pengeluaran yang ada yaitu Food & Groceries, Transport & Personal, Shopping & Entertainment, dan Other untuk pengeluaran lainnya.

Savings adalah persentase tabungan yang diambil dari pendapatan dan tidak bisa digunakan dalam pos pengeluaran. Scroll ke bawah untuk melakukan pengaturan Currency seperti simbol mata uang, peletakan simbol, penggunaan desimal dan tanda separator untuk angka ribuan.

Mencatat Pendapatan

Good Cash 3

Saya selalu beranggapan bahwa setiap catatan keuangan selalu dimulai dengan memasukkan jumlah pendapatan lalu membaginya dalam pos pengeluaran dan tabungan. Kita sudah melakukan hal kedua dan ketiga diatas tadi. Sekarang saatnya memasukkan pendapatan dan mencatat setiap pengeluaran.

Masuk pada tab Bank lalu pada bagian kiri atas tekan tulisan Add Income untuk memasukkan pendapatan. Ketikkan nominal pendapatan disana. Setelah itu kamu bisa mengetikkan catatan untuk pendapatan tersebut di baris bawahnya. Catatan ini juga memiliki detail berupa tanggal input pendapatan tersebut. Pada bagian bawah ada 2 tab untuk memilih apakah pendapatan tersebut akan langsung dipotong dengan presentase tabungan atau tidak. Apabila kamu menggunakan perangkat iPhone lama dengan layar 3.5 inci (iPhone 4s dan generasi sebelumya) scroll ke bawah untuk melihat pengaturan tersebut. Setelah selesai tekan Save.

Good Cash 4

Dari gambar diatas kamu dapat melihat pendapatan kamu yang sudah dipotong dengan tabungan (karena saya tadi memilih mode tersebut). Lalu pada bagian bawahnya ada 2 tab bertuliskan Remaining (sisa uang yang belum digunakan pada masing-masing pos) dan Expenses (pengeluaran yang sudah dilakukan pada masing-masing pos). Penggunaannya akan dijelaskan pada bagian bawah.

Mengambil Uang dari ATM

Good Cash 5

Setelah mencatat pendapatan yang masuk dalam Bank, sekarang saatnya kita mempelajari cara mengambilnya, memasukkan ke bagian Wallet dan mencatat pengeluaran.

Buka tab Wallet dan pada bagian kiri atas lalu tekan tulisan ATM. Pilih tab Withdraw from ATM untuk mengambil uang. Ketikkan nominal yang kamu butuhkan lalu tekan tulisan Save. Sekarang kamu bisa melihat nominal tersebut di bagian atas Wallet.

Mencatat Pengeluaran

Dalam aplikasi GoodCash ini pengeluaran dibagi menjadi 2 yaitu pengeluaran dengan sumber uang dari Wallet atau dari Bank. Tadi kita sudah mencoba mengambil uang untuk Wallet dari Bank. Sekarang kita coba mencatat pengeluaran dari Wallet terlebih dahulu.

Pilih tab Wallet dan tekan tulisan Add Expense pada bagian kanan atas. Kamu akan mendapat tampilan layar seperti berikut ini:

Good Cash 6

Masukkan nominal pengeluaran yang akan kamu lakukan. Tuliskan catatan untuk pengeluaran tersebut pada bagian bawah nominal. Pada bagian kiri terdapat tulisan FROM yaitu untuk mencatat asal pendapatan yang akan digunakan untuk pengeluaran tersebut yaitu Wallet (icon warna biru) atau dari Bank (icon warna orange). Kali ini kita akan menggunakan Wallet. Kemudian pada bagian kanan adalah FOR yaitu untuk memilih pengeluaran tersebut akan dicatat dalam pos yang mana. Setelah selesai tekan Save. Sekarang kamu bisa melihat sisa uang pada pos tersebut telah berubah pada tab Remaining. Kemudian untuk melihat jumlah pengeluaran pada pos tersebut kamu bisa membuka tab Expense.

Mencatat pengeluaran dari Bank juga menggunakan langkah yang sama namun saat melakukan input kamu harus memilih icon berwaena orange pada bagian FROM. Umumnya pengeluaran langsung dari Bank biasanya berupa transfer bank atau pembayaran tagihan seperti tagihan listrik, internet dan semacamnya.

Melihat Tabungan dan Membuat Wish List

Good Cash 7

Setelah belajar mencatat pendapatan dan pengeluaran dengan rapi, kamu bisa melihat sisa tabungan dan membuat wish list atau barang yang ingin dibeli. Buka tab Savings dan tekan tulisan Add Wishlist di kanan atas layar. Input nama barang pada bagian Add Title dan nominalnya pada bagian Price, setelah selesai tekan Save. Ulangi lagi untuk menambahkan wish list lainnya. Bila kamu menuliskan lebih dari 1 wish list, GoodCash akan membagi tabungan secara parallel kepada masing-masing wish list.


Baca Juga: DailyCost: Catat Pengeluaran di iPhone Dengan Simpel dan Elegan


Kesimpulan

Aplikasi ini mudah dipahami dan memiliki fitur pembagian pengeluaran menggunakan persentase yang dapat kita atur. Selain itu detail catatan dan tanggal juga menjadi hal yang menarik untuk melihat ulang catatan tersebut suatu waktu.

Dari sudut pandang saya, rasanya aplikasi ini harus dilengkapi sedikit lagi. Belum ada detail pendapatan seperti saat kita mencatat pengeluaran. Selain itu mungkin pengembang aplikasi ini bisa memberikan pembaruan dengan dukungan pencatatan perbulan, sehingga pada akhir bulan dapat dilihat sisa dari masing-masing pos pengeluaran yang belum terpakai dan dimasukkan ke tabungan.

Unduh GoodCash, aplikasi catatan finansial dari pengembang Indonesia ini menggunakan link di bawah. Gratis!

Download · Harga:


5 Comments
  • Fitur yang masih kurang, belum terhubung secara langsung dengan rekening bank/kartu kredit sehingga keluar masuk nya uang bs dicatat secara otomatis seperti yang dilakukan seperti ‘Mint’ di amrik sana.
    Hal ini apa karena bank-bank di Indonesia masih takut perhal keamanan?

    • Karena ketebatasan dari pihak Bank yang tidak menyediakan API untuk publik.

  • sudah tiga bulan saya memakai aplikasi sejenis ini, namanya Money Lover https://itunes.apple.com/vn/app/money-lover-expense-manager/id486312413?mt=8
    menurut saya lebih lengkap daripada GoodCash

  • Saya apresiasi ini aplikasi anak negeri.. semoga semakin banyak fitur2 yang ditambahkan….

  • Salah satu aplikasi yang menurut saya patut diapresiasi. Jujur saja, sampai sekarang saya masih belum menemukan aplikasi pencatat keuangan yang memiliki fitur semenarik dan bagus yang dimiliki oleh Moneytree (https://itunes.apple.com/id/app/moneytree-intelligent-assistant/id586847189?mt=8) yang ada di Jepang sana.
    Semoga GoodCash terus menambahkan fitur-fitur lainnya, terutama statistik per satuan waktu (minggu, bulan) :D

To Top