Games

Review Nishan Shaman, Kisah Legenda Tradisional Dari Cina

Ketika mendengar nama Tencent, saya membayangkan sebuah game yang kompleks di semua detail mekanisme permainan. Maklum saja, Tencent merupakan nama yang besar dan sudah selayaknya saya berpikir bahwa mereka tentu saja akan menelurkan karya yang besar juga.

Diluar hal diatas, mendengar nama Tencent saja, maka saya akan membayangkan tentang IAP yang bertebaran disana-sini, yang mungkin sedikit-banyak membuat saya sedikit menghindar untuk mencoba game yang ada dibawahnya. Namun perkiraan tersebut salah bukan main ketika saya mendengar nama Nishan Shaman.

Sebuah Legenda

Nishan Shaman adalah sebuah legenda yang berasal dari sebuah suku minoritas yang tinggal di bagian timur laut Cina. Legenda itu berumur lebih dari 1000 tahun lamanya, yang mengisahkan tentang seorang cenayang perempuan bernama Nishan.

Orang-orang percaya bahwa Nishan dibimbing langsung oleh Omosi Mama yang berarti Dewi Kehidupan. Sejak masa remaja, Nishan memang memiliki bakat supernatural. Nishan bisa memanggil dewa dengan menggunakan drum miliknya yang disebut Divine Drum. Karena kemampuannya itu, dia juga bisa berkomunikasi dengan para roh, mulai dari roh yang baik, maupun roh yang jahat. Inilah kisah tentang Nishan yang menyelamatkan jiwa seorang anak kecil dari kejaran para roh jahat.

Grafis 2D Yang Cantik

Nishan Shaman merupakan game ritme yang mengambil grafis 2D side scrolling sebagai media pengantarnya. Kamu akan disuguhi dengan gambar bergaya potongan kertas yang cantik yang disertai dengan gerakan halus dan menyerupai kartun.

Jika itu saja tidak membuatmu tertarik, maka masih ada bumbu warna-warni disana-sini yang akan dihasilkan saat kamu memukul drum untuk mencoba mengalahkan para roh-roh jahat yang digambarkan dengan berbagai macam bentuk, mulai dari lingkaran roh, ikan, dan lainnya.

Musik Yang Terlupakan

Sampai disini, saya menyukai mekanisme permainannya. Nishan Shaman tidak terlalu susah, namun juga tidak serta-merta terlalu mudah dimainkan, menjadikan tantangannya terasa nyata tanpa harus susah-payah.

Setiap kali satu level selesai dimainkan, kamu akan diberikan nilai berdasarkan sebaik mana kamu bisa menyesuaikan nada. Tidak ada hukuman jika nilai yang kamu dapatkan jelek, lagipula bukan nilai tinggi yang menjadi inti dari permainan ini, melainkan musiknya.

Sayangnya, hal tersebut kurang berarti untuk saya. Musiknya memang bagus, tapi tidak cukup bagus untuk dapat dengan mudah diingat. Bisa dibilang, musiknya kurang menggigit, sehingga saya tidak merasakan momen yang tepat di dalamnya.

Baca Juga:


Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Kesimpulan

Game ini punya desain yang menarik, dan terlihat baik dari segi manapun. Bisa saya katakan, keseluruhan game terasa menyenangkan. Kekurangan di dalamnya adalah masalah level. Saya merasa levelnya terlalu pendek. Hanya ada lima level yang tersedia di keseluruhan permainan. Sedangkan saya ingin menikmati cerita dari Nishan dengan lebih detail lagi. Kekurangan yang kedua adalah musiknya yang biasa saja. Walaupun gambarnya terlihat cantik, musik di dalamnya yang merupakan salah satu elemen penting dari sebuah game ritme justru kurang menggigit.

Mengingat game ini tersedia secara gratis dan tanpa adanya iklan sama sekali, saya bisa maklum. Lucunya, saya justru tidak keberatan jika suatu saat pengembang NEXT Studio akan memasukkan beberapa DLC berbayar. Tidak adanya iklan sama sekali membuat game gratis ini justru terasa seperti premium dan untuk itu, saya jadi ingin mendukungnya secara lebih.

Hal menariknya lagi, game ini dibuat oleh 6 orang dalam waktu lima bulan saja! Saya cukup senang mengetahui bahwa Tencent tidak hanya mendukung dalam pembuatan game AAA saja, namun juga memperhatikan game independen seperti ini untuk ke depannya. Dan karena saya sudah bisa merasakan hasilnya, saya jelas menunggu apa game dari NEXT Studio selanjutnya.

Jika kamu menyukai sebuah game ritme yang unik, dan memiliki iPhone di tanganmu sekarang, saya bisa katakan Nishan Shaman adalah salah satu game yang harus kamu miliki dan mainkan. Jadi mengapa kamu masih membaca review ini? Buruan unduh sekarang dan berikan komentarmu dibawah ya!

Download Nishan Shaman


9 Game Dengan Karakter Utama Makanan Yang Lucu Dan Menggemaskan

https://www.makemac.com/wp-content/uploads/2018/06/baconescape-top.jpg
Click to comment
To Top