Games

Review Potion Punch: Menjadi Koki, Bartender, dan Ahli Kimia Sekaligus!



Memaksimalkan waktu yang sedikit untuk mendapatkan sebanyak mungkin keuntungan, itulah yang diajarkan oleh game Potion Punch kepada saya. Potion Punch adalah game dengan tipe time manajemen, yang dihasilkan oleh Monstronauts, inc. Di game ini, kamu akan diajak untuk menjadi koki, bartender, dan sekaligus ahli kimia.

Pemain diajak untuk menjelajahi permainan yang dipenuhi dengan warna. Saya tidak sedang membuat bahasa kiasan, yang saya maksud dengan warna disini adalah warna dalam artian sebenarnya. Kamu akan dituntun oleh seorang patung halaman yang akan menjelaskan bagaimana game bekerja, berikut dengan perkembangan dari warungmu ke depannya.

Mencampur Ramuan Warna Ala Bartender

PotionPunch2


Tahu warna primer kan? Tiga warna seperti merah, kuning, biru? Di game ini, pemain diajak untuk sedikit belajar tentang warna primer. Dan seiring dengan berjalannya permainan, pemain juga diajak untuk tahu lebih soal warna-warna sekunder. Artinya, warna-warna lain hasil penggabungan dua warna dasar tadi.

Awal yang mudah membuat kamu terbiasa secara perlahan dalam membuat minuman. Pelanggan yang datang awalnya hanya meminta ketiga ramuan warna primer tadi. Gunakan misi awal ini untuk keuntunganmu, kamu bisa tahu waktu yang dibutuhkan oleh setiap ramuan warna sampai siap untuk dihidangkan ke pelanggan. Setelah mulai terbiasa dan hapal waktu siap ramuannya, maka kamu akan lebih mudah untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu pelanggan yang meminta warna-warna sekunder. Warna sekunder? Ya, warna seperti ungu, yang bisa didapat dari penggabungan warna merah dan biru, atau mungkin hijau misalnya, yang dihasilkan dari mencampur kuning dan biru.

Setelah beberapa kali dituangkan, botol ramuan warna primer tadi tentunya akan habis. Disini pemain juga harus meminta stok ulang. Hal ini memakan waktu, jadi pastikan kamu tahu persis waktu yang pas untuk stok ulang botol-botol warna tadi. Jika tidak, bersiaplah untuk kehilangan pelanggan.

Memasak Berbagai Macam Cemilan Ala Koki

PotionPunch3


Permainan tidak berhenti sampai hanya menyiapkan berbagai ramuan warna saja. Beberapa pelanggan yang datang terkadang juga meminta kamu untuk memasak cemilan. Bentuk dari cemilan juga beragam. Awalnya, hanya tokek bakar saja yang tersedia untuk pelanggan. Namun, jika kamu mulai kedatangan tamu kehormatan, maka biasanya dia meminta kamu untuk menyiapkan cemilan lain yang berupa ular bakar.

Jika tadi menyiapkan minuman terlihat cukup rumit, maka kamu bisa bernafas lega karena menyiapkan cemilan tidak sesulit kedengarannya. Kamu hanya harus memilih cemilan dan membakarnya hingga rata, untuk kemudian diberikan ke pelanggan atau tamu kehormatan yang meminta. Hal yang harus diperhatikan disini hanyalah stok dari cemilan. Serta waktu yang dibutuhkan oleh cemilan tersebut hingga matang. Perhatikan juga karena terkadang beberapa pelanggan menghendaki dua cemilan yang sama.

Nantinya, ada tamu-tamu kehormatan yang bisa dibuka jika kamu sudah mendapatkan banyak uang. Tamu-tamu ini datang secara acak, dan biasanya membayar dalam jumlah yang cukup besar.

Dapatkan Banyak Uang, Renovasi Warungmu

PotionPunch4


Misi setiap hari biasanya sama. Kamu diharuskan untuk melayani delapan sampai sembilan pelanggan. Jadi, tergantung pada keahlianmu untuk menyiapkan ramuan dan memasak cemilan, kamu bisa saja kehilangan satu pelanggan tadi jika kerjamu kurang cepat. Karena setiap pelanggan memiliki hitungan waktu yang semakin lama akan semakin berkurang, kerja cepat menjadi keharusan di game ini.

Uang hasil jualan tadi nantinya bisa digunakan untuk membeli upgrade untuk botol ramuan, renovasi warungmu ataupun menambah jumlah snack yang dimasak. Bahkan kamu bisa memperbaiki meja, atau menaikkan harga tiap warna sehingga nantinya pelanggan akan membayar lebih mahal untuk setiap menunya. Setiap upgrade mempunyai harga yang bervariasi. Dan semakin kamu sering merenovasi warungmu dengan berbagai macam upgrade, maka harga upgrade pun akan menjadi semakin mahal. Jadi bijaklah untuk mengatur mana yang perlu di upgrade terlebih dahulu, dan mana yang bisa di upgrade belakangan.


Baca Juga:

Kesan Premium Dari Sebuah Game Gratis

PotionPunch5


Walaupun Potion Punch tersedia gratis, tapi semua hal di dalamnya tidak terkesan murahan. Saya bahkan terkadang lupa bahwa Potion Punch adalah game yang gratis. Kalau biasanya game gratis dipenuhi oleh iklan dimana-mana, maka Potion Punch sama sekali bukan game yang biasa. Selama bermain, saya jarang sekali diganggu oleh iklan. Ada dua iklan yang saya tonton dengan sukarela di dalam game, dan itupun untuk menaikkan jumlah gems saya bukan karena game memaksa saya untuk menontonnya. Dan bisa ditebak, saya menyukai mekanisme iklan di game ini.

Tidak ada iklan bukan berarti tidak ada mata uang sungguhan. Potion Punch tetap menawarkan gems yang bisa kamu tambah dengan membayar uang sungguhan. Gems dapat digunakan untuk membeli berbagai macam upgrade, atau justru menambah gold milikmu.

Ada beberapa tempat berbeda di game, dengan berbagai macam upgrade berbeda yang akan membuatmu dapat memainkan game ini dalam waktu yang cukup lama. Sayangnya, misi yang diberikan sama secara terus-menerus. Hal ini memberikan kesan monoton dan kurang variatif. Kesan monoton tadi justru terbantu dengan adanya target yang yang harus dipenuhi. Kamu jadi bisa menantang dirimu sendiri untuk melayani tamu lebih banyak dari target yang diberikan. Seperti halnya game manajemen waktu lainnya, kamu diharapkan untuk bermain secara berulang. Maka jika kamu tidak masalah dengan hal itu, atau justru menyukai game dengan tipe manajemen waktu, kamu boleh senang karena game ini bisa jadi cocok untuk pilihan game kamu selanjutnya.

Download Potion Punch · Harga: Gratis


GAMES Nintendo Kerjakan Games Mario Kart Tour untuk Pengguna iOS

mario-kart-ios
Click to comment
To Top