Reviews

Skala Preview: Melihat Hasil Desain Langsung di Perangkat iOS

Skala Preview

Apakah kamu sering membuat desain antarmuka sebuah aplikasi mobile seperti iOS atau Android? Sering merasa kesulitan karena harus bolak-balik mengirim hasil desain dari komputer ke perangkat smartphone ? Kali ini tim MakeMac akan berbagi cara untuk mengatasi masalah tersebut menggunakan aplikasi Skala Preview untuk perangkat Mac OS X.

Aplikasi karya bjango ini berfungsi untuk mengirim gambar dari Mac ke perangkat smartphone iOS atau Android. Selain mengirim gambar, aplikasi ini dapat membuat kamu terhubung secara langsung ke aplikasi image editor Adobe Photoshop, Illustrator, Pixelmator, dan lainnya untuk melihat hasil gambar yang kamu edit. Kamu harus menginstal Skala View pada perangkat iOS atau Android untuk terhubung dengan aplikasi Skala Preview di Mac OS X. Berikut ini langkah-langkah penggunaanya:

Instal Skala Preview dan Skala View

Kamu bisa mengunduh Skala Preview untuk Mac OS X dari App Store atau link ini. Selain Skala Preview kamu juga perlu mengunduh Skala View untuk perangkat iOS atau Android. Setelah Skala Preview dan Skala View kamu instal, hubungkan perangkat smartphone dengan komputer Mac dalam 1 jaringan WiFi.

Menghubungkan Skala Preview dan Skala View

Skala Preview 1

Setelah membuka Skala Preview dan Skala View, pada perangkat iOS tekan icon layar komputer di pojok kiri bawah dan pilih perangkat komputer kamu. Setelah itu pada komputer Mac akan tampil pemberitahuan untuk mengijinkan koneksi dari perangkat iPhone, klik Allow Connection. Lakukan pengaturan pada Skala Preview dari icon tanda panah di bagian kanan bawah atau sharing, terdapat 4 pengaturan yang bisa kamu lakukan:

  • Don’t Auto-send Clipboard : Kamu tidak akan menerima gambar yang disalin ke clipboard secara otomatis.
  • Send iOS Sized Images on Clipboard : Skala Preview akan mengirim secara otomatis setiap gambar yang kamu copy ke clipboard dengan resolusi yang sama dengan perangkat smartphone kamu.
  • Send All Images on Clipboard : Semua gambar yang kamu copy ke clipboard akan disalin ke Skala Preview dan dikirim ke Skala View di smartphone. Pengaturan ini yang saya gunakan di tutorial ini.
  • Connect to Photoshop : Skala Preview akan terhubung dengan aplikasi Adobe Photoshop bila kamu memilih pengaturan ini. Pengaturan ini dapat membuat kamu melhat hasil gambar yang diedit secara live di Skala View.

Menggunakan Skala Preview dan Skala View

Skala Preview 2

Bila kamu mengaktifkan pengaturan Send All Images on Clipboard, coba salin sebuah gambar dari Finder dengan menekan cmd + C. Secara otomatis gambar akan tampil di Skala Preview dan Skala View di iPhone. Kamu bisa menyimpan gambar di iPhone dengan cara menekan tombol dengan icon kanan di bagian bawah lalu pilih Save To Camera Roll.

Skala Preview 3

Skala View pada perangkat iPhone juga memiliki pengaturan untuk simulasi desain pada penderita buta warna. Tekan icon kacamata di bagian bawah layar dan pilih simulasi warna yang kamu inginkan seperti Protanopia, Deuteranopia dan Tritanopia. Selain itu juga terdapat pengaturan untuk tingkat kecerahan (Brightness) pada layar perangkat iOS.


Baca Juga: Tweak Snapper: Kirim Screenshot Layar Dengan Lebih Cepat


Mengubungkan Skala Preview Dengan Adobe Photoshop CS6

Kamu bisa menghubungkan aplikasi image editor seperti Photoshop CS6 denga Skala Preview. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Adobe Photoshop CS6 lalu pada menu bar pilh Edit > Remote Connections. Skala Preview 4
  2. Buat pengaturan untuk Service Name dan Password. Setelah itu check-list tanda Enable Remote Connections kemudian tekan tombol OK.
  3. Buka Skala Preview pada komputer Mac lalu tekan icon gir untuk melakukan pengaturan dan pilih Photoshop Settings. Masukkan Service Name dan Password yang sudah kamu atur di Adobe Photoshop tadi.
  4. Kembali ke tampilan utama Skala Preview, pilih icon tanda panah di pojok kiri jendela Skala Preview lalu aktifkan Connect to Photoshop.

Sekarang coba buka sebuah file gambar di Photoshop. Edit gambar tersebut misal gunakan Brush Toollalu cek layar perangkat iOS yang sedang membuat Skala View. Apakah gambar tersebut sudah tampil?

Akhir Kata

Menurut pendapat saya aplikasi ini sangat menarik dan berguna untuk kamu yang harus melihat preview sebuah desain di perangkat mobile seperti Android dan iOS. Mengirim dan melihat gambar jadi terasa sangat mudah dan cepat karena semua dilakukan secara wireless. Selain itu kamu tidak harus menyimpan semua gambar yang tampil di Skala View, hal ini juga dapat menghemat kapasitas memori pada iPhone.

Unduh Skala View dan Skala Preview dari lama website Skala Preview. Selamat mencoba ya.


Click to comment
To Top