Games

Review Stardew Valley, Selamat Tinggal Dunia Nyata & Selamat Datang Di Kota Pelican



Jika kamu mencari sebuah game bertani premium di App Store, maka kamu tidak akan menemukan banyak pilihan kecuali satu judul yang bernama Stardew Valley. Stardew Valley pertama kali hadir untuk PC dan ketika tren untuk membawa game PC ke ponsel hadir, Stardew Valley juga tidak mau ketinggalan untuk ikut datang ke App Store. Saat ini, pengembang bahkan telah membawa Stardew Valley ke hampir semua platform yang tersedia untuk bisa kamu mainkan.

Selamat Datang di Kota Pelican


Stardew Valley menceritakan tentang perjalananmu sebagai seorang petani. Tentu sebagai petani baru, berbagai kegiatan pertanian akan sedikit membebani di awal, tapi kamu punya banyak waktu untuk belajar. Di awal permainan, kamu bisa memilih beberapa jenis lokasi pertanian. Setiap lokasi menawarkan beberapa kelebihan serta kekurangan, tergantung darimana kamu melihatnya.

Sewajarnya menjadi petani baru, kamu juga akan dihadapkan kepada berbagai alat pertanian. Game mempunyai cara unik untuk membuatmu terbiasa. Lewat sejumlah tutorial, kamu dituntun untuk melakukan aktivitas sederhana, seperti menanam tanaman dan berkenalan dengan para penduduk di kota Pelican, tempat dimana rumah barumu berada.

Lakukan Kegiatan Apa Saja, Sesukamu


Game akan berkembang sesuai dengan fase yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih untuk terus bertani, berusaha mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Atau menjadi peternak handal, dengan memiliki bermacam-macam hewan ternak. Atau justru, kamu ingin menjadi seorang ksatria, dengan melawan banyak monster di goa yang gelap dan tak berujung. Semua bisa dilakukan, sesukamu.

Seperti halnya melakukan rutinitas harian, bisa jadi kamu bosan untuk melakukan hal yang sama secara terus-menerus. Mau itu bertani, berternak, ataupun menjadi ksatria. Tapi Stardew Valley memiliki solusi tepat untuk itu tanpa harus melakukan pemaksaan.

Ketika kamu hanya ingin bertani saja, maka di kemudian hari, kamu akan memerlukan cangkul besi yang bisa secara lebih efisien membantu mempermudah pekerjaanmu. Seorang pandai besi di kota Pelican bisa membuatnya jika kamu memberinya uang dan sejumlah bijih besi. Secara tidak langsung, mekanisme ini mengajakmu untuk menjelajahi aktivitas permainan secara lebih menyeluruh.

Harvest Moon, Versi Super


Selalu ada hal baru untuk dilakukan di Stardew Valley. Mulai dari mencari relik, memancing, bertani, menghajar para monster, bersantai di bar atau sekadar bercakap-cakap dengan penduduk kota. Jika itu saja tidak membuatmu puas, ada beberapa event tahunan yang akan datang pada setiap musimnya di tanggal-tanggal tertentu. Kamu bisa mengikuti event tersebut untuk mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan kamu dapatkan di musim selanjutnya.

Jika hal diatas mengingatkanmu kepada game Harvest Moon, maka kamu tidak salah sama sekali. Game ini bisa dikatakan adalah versi super dari Harvest Moon, karena apa yang bisa dilakukan di Harvest Moon, bisa kamu lakukan juga di Stardew Valley dengan jauh lebih menyenangkan.

Baca Juga:


Kesimpulan

Stardew Valley adalah satu contoh game bertani yang fantastis. Sebagai gamer yang lebih menyukai game FPS, saya tidak pernah menyangka bahwa game ini bisa menarik saya masuk jauh ke dalam. Hebatnya lagi, setelah hampir menghabiskan 200 jam memainkannya, saya masih menemukan hal dan aktivitas baru, yang bisa saya lakukan di Stardew Valley.

Rutinitas harian yang dikerjakan setiap harinya, mulai dari memberi pupuk, menyiram tanaman, sampai menunggu hari panen membuat Stardew Valley lebih dari sekadar game bertani. Stardew Valley adalah tentang memiliki tujuan besar yang dikerjakan dengan mengumpulkan hal-hal kecil.

Uniknya lagi, semua aktivitas pada Stardew Valley hanyalah sebuah tawaran, dan pilihan akan kembali kepadamu, apakah kamu ingin menerima tawaran tersebut atau tidak. Semuanya bebas untuk dilakukan. Musuh pada Stardew Valley hanyalah waktu. Seberapa lama kamu ingin menghabiskan waktumu untuk merawat lahan bertani virtualmu. Seberapa tahan kamu untuk membiarkan hewan ternak virtualmu tak bertuan.

Stardew Valley mengajarkan kepada kita bahwa untuk mencapai tujuan, kita bisa melewati banyak jalan. Dan tidak peduli seberapa lambatnya proses yang kita lalui, pada akhirnya, kita akan mendapatkan hasilnya jika kita bersungguh-sungguh. Sebelum menjadi lebih panjang lagi, saya harus ijin mundur dulu karena saya punya melon yang harus dipanen di musim panas ini.

Download Stardew Valley · Harga: 119000

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


8 Game Jadul Dengan Mekanisme Gameplay Baru

https://www.makemac.com/wp-content/uploads/2018/06/titanfallassault-top.jpg
Click to comment
To Top