Reviews

Safari Download Manager, Unduh File Lewat iOS

Photo by Daniel Boyd

Salah satu kesenangan dalam internet adalah, kita dapat berbagi file dengan seluruh orang yang terhubung. Untuk file dengan ukuran kecil, dapat dikirimkan lewat email, dan untuk file dengan ukuran yang besar seperti video, dapat diunggah terlebih dahulu ke situs-situs file sharing seperti rapidshare. Berbagi file juga memiliki dampak yang negatif, bisa saja terdapat virus pada file yang dibagikan tersebut. Selain itu, hal ini juga dapat merugikan beberapa orang. Para musisi misalnya, kini mereka tidak dapat lagi mengandalkan pemasukan dari hasil penjualan CD, sebab lagu-lagu mereka kadang sudah dibajak dan dapat diunduh langsung secara gratis.

MakeMac pernah membahas tentang kumpulan Download Manager Mac, nah kali ini saya akan memberikan sebuah tambahan Download Manager yang nantinya setelah digunakan akan menambahkan menu pada perambah Safari kamu, dan dapat digunakan pada setiap iPad, iPhone dan iPod touch. Aplikasi tambahan ini bernama Safari Download Manager, dibuat oleh seorang developer yang bernama Dustin Howett (@DHowett). Aplikasi tambahan ini membuat kamu dapat mengontrol secara penuh seluruh format dan jumlah file yang akan kamu unduh pada iDevice kamu.

Fitur

Safari Download Manager memberikan tambahan menu di bagian bawah dari perambah Safari. Menu ini digunakan untuk melihat sudah seberapa jauh proses unduhan berjalan. Safari Download Manager akan aktif secara otomatis apabila kamu melakukan pengunduhan. Pada saat aktif, Safari Download manager akan menjelaskan nama file yang akan diunduh dan lokasi penyimpanan file yang dapat kamu ubah.

setting1

Kamu dapat mengatur Safari Download Manager untuk memberi batasan jumlah file yang akan diunduh pada saat yang bersamaan. Format file yang akan kamu unduh juga dapat diatur dan ditambahkan. Secara default, Safari Download Manager tidak aktif apabila kamu melakukan pengunduhan untuk file dengan tipe Images, namun tentu saja hal ini juga dapat diubah. Apabila Safari Download Manager tidak aktif pada saat kamu mengunduh suatu file, terdapat kemungkinan format file tersebut tidak terdapat dalam list File Types Safari Download Manager. Format file bisa kamu tambahkan pada menu Add File Type.

setting2

Akhir Kata

Safari Download Manager tidak akan memberikan tambahan ikon pada Homescreen kamu, seluruh pengaturan dapat dilakukan lewat Settings > Safari Download Manager. Safari Download Manager hanyalah alat bantu untuk pengunduhan, dan tidak dapat membantu untuk menjalankan atau (untuk beberapa format) memperlihatkan hasil unduhan. Oleh karenanya, saya menyarankan kamu untuk memiliki iFile. Safari Download Manager bisa kamu dapatkan pada Cydia dengan merogoh kocek sebesar $5.00, namun apabila kamu membeli aplikasi tambahan ini, maka kamu akan menghemat @2.00 untuk pembelian iFile. Gunakan aplikasi tambahan ini dengan baik dan stop bajakan!


6 Comments

6 Comments

  1. Lintang

    11 September 2012 at 09:37

    Safari Download Manager malah bikin crash safarinya tuh,,apa ada versi yang lebih baru lagi?

    • Andrie Rifani

      13 November 2012 at 14:23

      Kemungkinan besar ada tweak yang kamu gunakan, yang tidak compatible dengan Safari Download Manager. Bisa coba di uninstall tweak itu, atau kalau tidak mau repot, beralih saja ke Chrome Download Manager.

  2. Sam

    4 January 2014 at 12:21

    Gan mau nanya dong kok SDM saya tidak mau ngebuka file yang abis di download ya? Jadi setiap abis selsai di download tidak mau di “Open in Bridge” atau Open in apa gitu yang lain juga tidak bisa, itu kenapa ya Gan? Mohon pencerahannya ya

  3. novan

    4 January 2014 at 15:01

    mau nanya nih om,, gimana cara mindahin file .exe dari SDM ke komputer (iFunbox) ?

  4. Martina

    19 December 2015 at 16:39

    Kenapa ya ko safarinya kalo download selalu gagal, terus di iphone saya belum punya cydia. Gimana cara downloadnya?

  5. PutarLagu - Download Lagu Mp3

    15 April 2016 at 00:33

    sekarang udah gak zaman ya min safari downloader

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top