News

Peramban Safari di Mac Berhenti Mendukung Spotify Web Player

Spotify, layanan berlangganan musik dengan fitur streaming dan download ini kabarnya sudah tidak mendukung mode putar musik lewat peramban Safari for Mac. Dikutip dari Engadget (via Spotify Community), sejumlah pengguna Safari terbaru di macOS 10.12.6 tidak dapat menggunakan peramban Safari untuk memutar musik lewat laman open.spotify.com atau play.spotify.com.

Setelah dicek lebih lanjut, tim layanan pelanggan dari Spotify menjelaskan bahwa Safari terbaru tidak lagi mendukung Web Player untuk Spotify. Pengguna disarankan untuk instal aplikasi Spotify for Mac atau gunakan peramban lainnya seperti Google Chrome.

After taking a look backstage, we can confirm that after recent updates Safari is no longer a supported browser for Web Player.

Sumber berita yang tim MakeMac dapatkan akhirnya mencoba akses Spotify dengan peramban lain. Ketika dicoba dengan Google Chrome, ada opsi yang tampil untuk membaca pengaturan dan aktifkan Web Player ke halaman Spotify Support. Secara singkat, Spotify menggunakan teknologi Google Widevine content decryption module yang tidak didukung oleh peramban Safari.


Baca Juga:


Hal ini kabarnya dilakukan Apple karena sistem keamanan Google Widevine yang dianggap kurang aman. Sehingga kamu tidak bisa menggunakan teknologi tersebut di peramban Safari, salah satunya yaitu memutar musik dari Spotify. Untuk saat ini, satu-satunya cara untuk menggunakan Spotify tanpa aplikasi Spotify for Mac adalah instal peramban alternatif.

Masalah ini sebetulnya bukan berita besar karena kamu bisa instal peramban alternatif dengan mudah atau mungkin aplikasi Spotify for Mac agar dapat mengunduh lagu dan putar saat offline (dengan akun Spotify Premium). Namun ini akan menjadi hal yang agak merepotkan jika kamu biasa akses Spotify dari komputer di tempat kerja dengan akses instal aplikasi tambahan yang dikunci oleh admin IT atau mungkin batasan lainnya.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top