News

Salip ASUS, Apple Naik ke Peringkat 4 di Pasar Laptop Global 2017

Apple berhasil menyalip ASUS di pasar laptop global di tahun 2017 kemarin. Perusahaan raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino itu berada di urutan keempat di atas ASUS yang terhempas di urutan kelima.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis firma riset pasar TrendForce, Apple berhasil menjadi pabrikan laptop terbesar dengan menguasai pangsa pasar sebesar 9,6 persen di 2017. Di tahunnya sebelumnya, pangsa pasar mereka tercatat sebesar 8,3 persen.

TrendForce mengatakan MacBook Pro yang diluncurkan pada 2017 lalu membantu meningkatkan penjualan MacBook sebesar 18 persen. Pertumbuhan pangsa pasar Apple di pasar laptop ini diklaim sebagai yang terbesar di antara para pesaingnya.

Di pasar komputer jinjing, Hawlett Packard (HP) menjadi pabrikan pertama dengan pangsa pasar paling tinggi. Di tahun 2017, mereka mengamankan sebanyak 24,3 persen pangsa pasar naik dari tahun sebelumnya yang sebesar 22,4 persen.


Baca juga:


Selanjut di urutan kedua dan ketiga bercokol Lenovo dan Dell. Masing-masing pabrikan menguasai pangsa pasar sebesar 20,2 persen dan 15,2 persen. Sementara Asus membayangi Apple di di urutan kelima dengan pangsa pasar 9,5 persen.

Dalam datanya, firma riset tersebut mencatat jumlah pengapalan laptop di seluruh dunia mengalami kenaikan sebanyak 2,1 persen tahun lalu dibandingkan dengan tahun 2016 lalu. Jumlahnya mencapai 164,7 juta unit.

Pangsa pasar Apple di pasar laptop diprediksi bakal meningkat menjadi 10,4 persen di 2018. Mengingat, mereka sedang menyiapkan sejumlah MacBook baru dengan dukungan co-processor kustom untuk dirilis tahun ini.


Click to comment
To Top