News

Samsung Umumkan Chip Prosesor Baru buat Bungkam Face ID & Animoji di iPhone X

Apple kerap ketinggalan meluncurkan produk dengan spesifikasi lebih tinggi dibandingkan pesaingnya. Namun dalam hal berinovasi mereka selalu menjadi pelopor. Sebut saja di antaranya teknologi Touch ID dan yang paling baru yakni Face ID, Animoji, dan AR.

Sebagaimana Touch ID, ini adalah soal waktu bagi para pesaing untuk meniru teknologi dari Apple. Mengawali tahun baru, Samsung mengumumkan kehadiran chip prosesor Exynos terbaru yang mendukung teknologi mirip seperti yang diciptakan Apple.

Chip prosesor baru dari Samsung tersebut adalah Exynos 9 Series 9810. Ia diklaim tidak saja datang dengan peningkatan performa tapi juga mendukung teknologi kecerdasan buatan yang bisa mendeteksi wajah dan objek yang lebih canggih dalam gambar.

Secara rinci seperti dilansir dari The Verge, Samsung mengatakan Exynos 9 Series 9810 dilengkapi dengan filter pelacakan wajah yang realistis dan keamanan yang lebih kuat saat membuka perangkat dengan wajah – mirip seperti Face ID dan Animoji di iPhone X.

Exynos 9 Series 9810 rencananya bakal disematkan di flagship smartphone generasi terbaru dari Samsung yaitu Galaxy S9 – tentunya disiapkan buat menantang iPhone X. Samsung membuatnya dengan menggunakan proses fabrikasi 10nm.

Chip prosesor baru tersebut terdiri dari 4 inti dengan performa tinggi dengan kecepatan hingga 2,9GHz dan 4 inti yang efisien dalam penggunaan baterai. Konfigurasi jumlah inti prosesor di chip tersebut mirip seperti chip prosesor A11 Bionic di iPhone X.


Baca juga:


Setiap intinya diklaim memiliki performa dua kali lebih cepat dari sebelumnya dan 40 persen lebih cepat saat menggunakan multi-inti. Chip prosesor ini juga disebutkan punya fitur keamanan terpisah buat menyimpan data pribadi dan biometrik yang sensitif seperti wajah, sidik jari, dan mata.

Selain itu, Exynos 9 Series 9810 dilengkapi modem baru yang mendukung kecepatan 1,2Gbps dan real-time out-of-focus photography dengan kemampuan merekam video 4K pada 120fps dan stabilisasi lebih baik.

Kehadiran Exynos 9 Series 9810 bisa dibilang menjadi jawaban Samsung untuk menantang teknologi Face ID dan Animoji di iPhone X. Seperti diketahui, teknologi pemindaian wajah dari Samsung di Galaxy S8 kurang aman karena bisa dengan mudah ditipu hanya dengan foto. Namun apakah teknologi serupa dari Samsung ini bisa menantang Apple? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.


Click to comment
To Top