Featured

SanDisk iXpand Drive, Cadangkan Data Kapan Saja dengan Cepat

SanDisk iXpand Drive adalah produk penyimpanan data yang dibuat oleh SanDisk untuk perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch. Dengan konektor Lightning dan USB 3.0, pengguna bisa mencadangkan data dari perangkat iOS dan akses secara mudah lewat port USB di komputer Mac atau Windows.

Penasaran dengan reviewnya? Simak pengalaman tim MakeMac mencoba SanDisk iXpand Drive di artikel ini ya! Sebelum masuk ke pembahasa, simak dulu video SanDisk iXpand Drive berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Mengenal SanDisk iXpand Drive

Produk iXpand Drive sudah mengalami beberapa evolusi sejak beberapa tahun lalu. Salah satu yang pernah saya gunakan sebelumnya adalah iXpand generasi pertama dan iXpand Base yang lebih cocok untuk digunakan di rumah karena bisa digunakan sekaligus untuk mengisi baterai saat membuat cadangan data.

Nah untuk SanDisk iXpand Drive terbaru yang tim MakeMac gunakan, desainnya jauh lebih ringkas dan elegan dibandingkan SanDisk iXpand Drive generasi pertama. Bentuknya mirip dengan Flash Drive yang biasa kamu gunakan. Yaitu berukuran kecil seperti jari kelingking. Namun ada bagian lengkung di belakang yang memiliki konektor Lightning untuk terhubung ke perangkat iOS.

Tidak perlu menggunakan penutup atau aksesoris lain yang mudah hilang, kamu cukup menekan port Lightning SanDisk iXpand Drive ini untuk menguncinya dan tetap rapat saat tidak digunakan. Sedangkan saat ingin menggunakan SanDisk iXpand Drive, tinggal tarik dan tancapkan ke port Lightning di perangkat iPhone. Bagian port USB 3.0 akan menempel erat di sisi belakang perangkat iPhone saat kamu gunakan.

Bagi kamu yang menggunakan case iPhone cukup tebal, SanDisk iXpand Drive tetap dapat digunakan dengan baik dan lancar ya. Karena elastisitas bagian melengkung tersebut cukup luas dan tidak akan patah.

Kapasitas Penyimpanan di SanDisk iXpand Drive

Karena berbentuk USB Flash Drive, kapasitas SanDisk iXpand Drive tidak bisa ditambahkan atau diganti seperti SanDisk iXpand Base. Produk SanDisk iXpand Drive memiliki beberapa pilihan kapasitas penyimpanan yaitu 16GB, 32GB, 64GB 128GB dan paling besar 256GB. Secara tampilan fisik, tidak ada hal yang membedakan dari SanDisk iXpand Drive dengan storage kecil atau besar. Informasi mengenai ukuran storage di SanDisk iXpand Drive yang kamu gunakan juga dapat terlihat di bagian port USB 3.

Menggunakan SanDisk iXpand Drive

Pertama-tama silakan instal aplikasi SanDisk iXpand Drive di perangkat iOS untuk dapat menikmati semua fiturnya. Yaitu mode backup foto, video, kontak dan juga nonton video favorit dengan beragam format. Berikut ini tampilan utama aplikasi SanDisk iXpand Drive di perangkat iPhone:

Dapat kamu lihat pada gambar di atas, ada 2 bagian tampilan di SanDisk iXpand Drive. Bagian atas adalah tips dan statistik serta info lain untuk penggunaan SanDisk iXpand Drive. Bagian bawahnya adalah list fitur utama yaitu Copy Files, View Files serta yang terakhir Back Up and Restore.

Copy Files berisi 2 sub fitur yaitu Copy Photos from iPhone atau Copy Files from iXpand Drive. Tingal pilih tujuan kamu untuk menyalin data dari iPhone ke iXpand atau sebaliknya, lalu cari file yang ingin disalin.

Fitur berikutnya adalah View Files, berisi seperti mode file manager di komputer atau aplikasi sejenis di perangkat iOS. Bedanya ada tab iXpand untuk akses data di dalam SanDisk iXpand Drive atau iPhone untuk akses data di dalam iPhone. Di dalam setiap jenis penyimpanan, ada sub folder untuk akses jenis data berupa foto, video, musik atau akses setiap foldernya secara langsung.

Bagian terakhir adalah Back Up and Restore yang berisi Back Up & Restore Photo Library, Back Up Sosial Media atau Back Up & Restore Contacs/ Calendar. Sebagai catatan, untuk menggunakan fitur Back Up & Restore Photo Library, pastikan storage di SanDisk iXpand Drive kamu lebih besar daripada jumlah penyimpanan dokumen kamu di Photos ya. Karena fitur ini akan bekerja secara otomatis untuk mencadangkan data pengguna dari Photos di perangkat iOS ke SanDisk iXpand Drive setiap aksesoris ini kamu gunakan.

Salin Data Dari Komputer ke SanDisk iXpand Drive

Sama dengan cara menggunakan Flash Drive biasa, kamu tinggal menghubungkan SanDisk iXpand Drive ke port USB 3.0 di komputer Mac atau Windows. Setelah itu buka Finder atau Windows Explorer untuk menyalin dokumen yang kamu perlukan ke SanDisk iXpand Drive.

Jika sudah tersimpan di SanDisk iXpand Drive, silakan hubungkan ke perangkat iOS dan akses bagian View Files. Buka dokumen gambar atau video tersebut kemudian simpan ke Photos di perangkat iOS. Mudah dan cepat kan! Pastikan jenis dokumen yang kamu simpan, didukung oleh iOS ya. Misalkan untuk video adalah dokumen MP4 atau MOV, sedangkan foto menggunakan format PNG atau JPG.


Baca Juga:


Tips Menggunakan SanDisk iXpand Drive

Dari pengalaman saya menggunakan SanDisk iXpand Drive, ada beberapa tips yang juga dapat kamu lakukan. Berikut ini daftarnya.

  1. Beli SanDisk iXpand Drive dengan storage besar. Jika kamu menggunakan iPhone dengan storage 16GB, sebaiknya beli SanDisk iXpand Drive dengan ukuran 2 kali lipat lebih besar atau lebih. Dengan cara tersebut, kamu bisa mencadangkan data dari iPhone ke SanDisk iXpand Drive dengan leluasa dan menyimpan beragam dokumen lain sesuai kebutuhan.
  2. Tentukan tujuan penggunaan. Setelah membeli SanDisk iXpand Drive, tentukan tujuan penggunana produk ini sejak awal. Apakah akan menggunakan SanDisk iXpand Drive sebagai Back Up semua dokumen foto dan video dari Photos, pilih sebagian saja atau hanya perlu menyimpan dokumen penting sesuai kebutuhan? Dengan menentukan tujuan penggunana, penggunaan SanDisk iXpand Drive akan lebih hemat kapasitas penyimpanan dan data di dalamnya tidak terlihat berantakan.
  3. Organisir setiap folder sesuai kebutuhan. Di dalam SanDisk iXpand Drive ada beberapa folder bawaan yang tidak bisa kamu hapus namun tentunya ada folder biasa yang bisa ditambahkan atau dikelola sesuai kebutuhan. Silakan gunakan fitur ini untuk merapikan dokumen dan data yang kamu miliki di SanDisk iXpand Drive. Misalkan memisahkan data dari kerjaan kantor dan film atau konten hiburan serta beragam lainnya.
  4. Tambahkan aplikasi pihak ketiga untuk menikmati konten di SanDisk iXpand Drive. Aplikasi SanDisk iXpand Drive memang masih memiliki beberapa keterbatasan seputar akses dokumen yang kamu miliki. Misalkan untuk film atau dokumen Word misalnya yang disalin dari komputer. Namun tenang, kamu bisa menggunakan mode Share Extension di SanDisk iXpand Drive untuk membuka dokumen tersebut menggunakan aplikasi lain. Misalkan VLC Player, Documents 5 dan beberapa lainnya.

Pengalaman Menggunakan SanDisk iXpand Drive

Dibandingkan SanDisk iXpand Drive generasi pertama, ada beberapa hal menarik yang saya temukan sepanjang menggunakan SanDisk iXpand Drive generasi terbaru. Mulai dari aplikasi yang lebih ringkas dan mudah digunakan, bentuk ramping dan mudah disimpan serta port USB 3.0 yang bisa mentransfer data lebih cepat.

Fitur enkripsi data, mengambil foto atau video dan langsung simpan di SanDisk iXpand Drive serta mode Back Up dan Restore juga termasuk beberapa fitur favorit saya di produk ini. Tertarik membeli SanDisk iXpand Drive? Produk ini dapat kamu beli dengan harga mulai dari 500 ribuan untuk SanDisk iXpand Drive dengan storage 16GB.


SanDisk iXpand Base, Cadangkan Data dan Isi Baterai Bersamaan


Click to comment
To Top