Featured

Review SanDisk iXpand Flash Drive: Cepat, Lengkap dan Mendukung Camera Sync



Pengguna perangkat iOS sering bertanya kepada tim MakeMac, Flash Drive apa yang mendukung port Lightning yang ada di iPhone atau iPad? Salah satu yang sering tim MakeMac rekomendasikan adalah SanDisk iXpand Flash Drive. Beruntungnya seminggu ini tim MakeMac mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk tersebut secara gratis untuk membuat review. Berikut ini ulasan lengkap SanDisk iXpand Flash Drive:

Mengenal SanDisk iXpand Flash Drive

Masih belum paham dengan produk ini? Sederhananya SanDisk iXpand Flash Drive adalah memori penyimpanan eksternal dengan dukungan 2 port – USB 2.0 dan Lightning Port. Pengguna dapat dengan mudah memasukkan data dari komputer ke SanDisk iXpand Flash Drive lewat port USB lalu menghubungkannya ke iPhone atau iPad lewat port Lightning yang digunakan.

Tampilan & Spesifikasi SanDisk iXpand Flash Drive

Foto Detail dan Cara Penggunaan SanDisk iXpand Flash Drive di iPhone

Bentuknya terkesan maskulin sih menurut saya dengan warna silver dan penutup terpisah yang ada di kepala USB. Untuk membuat desainnya tetap minimalis dan berpusat di satu sisi, desainer SanDisk iXpand Flash Drive meletakkan port Lightning ditumpukan atas USB. Jadi kamu perlu sedikit menarik ujung Lightning yang ada disana untuk dapat masuk ke iPhone atau iPad.

Lanjut ke spesifikasi perangkat keras, SanDisk iXpand Flash Drive punya 4 jenis kapasitas yang dijual di pasaran – 16 GB, 32 GB, 64 GB dan 128 GB yang menggunaan warna berbeda. Perangkat ini juga membutuhkan daya baterai untuk dapat digunakan pada perangkat iPhone atau iPad – intip saja indikator lampu hijau di sisi samping kanan atau lewat aplikasinya di iOS.

Cara Menggunakan SanDisk iXpand Flash Drive

Lewat Komputer, Semudah USB Flash Drive Biasa

Layaknya perangkat USB penyimpan data biasa, kamu hanya perlu menghubungkan SanDisk iXpand Flash Drive ke port USB di laptop atau komputer. Tunggu perangkat ini terdeteksi dan masuk ke Finder di OS X kamu yah. SanDisk sendiri memberikan aplikasi keamanan untuk kamu gunakan di komputer Mac – bernama SanDisk Secure Acces di dalam perangkat ini. Fungsinya untuk membuka perangkat jika kamu memberikan keamanan password dan beberapa hal lainnya.

Nah sebagai percobaan saya membuat sebuah folder baru di dalam SanDisk iXpand Flash Drive bernama MakeMac dan memberikan beberapa folder lagi di dalamnya. Antara lain berisi foto dari kamera DSLR, musik, video dan beberapa dokumen .PDF. Semuanya akan saya coba akses di perangkat iPhone lewat aplikasi SanDisk iXpand Sync

Akses Dokumen Lewat App SanDisk iXpand Sync

Oke, jika sudah selesai menata dokumen di SanDisk iXpand Flash Drive lewat komputer, sekarang saatnya mengetesnya di perangkat iPhone. Langkah pertama tentu saja unduh dulu aplikasi SanDisk iXpand Sync dan masuk ke dalamnya.

Antarmuka Aplikasi SanDisk iXpand Sync

Secara antarmuka, aplikasi ini punya latar belakang warna putih dan merah yang tegas. Pengguna dapat mengtur mode tampilan dalam bentuk grid atau list, serta mode sorting berdasar abjad, tanggal atau hal lainnya.

Pengaturan, Detail Informasi Baterai dan Kapasitas

Masih ingat bahasan saya di awal mengenai baterai? Nah coba masuk ke ikon More (strip 3 horisontal di kiri atas) lalu cek ikon widget animasi di bagian bawahnya. Kamu dapat melihat data berupa kapasitas baterai, persentasi memori penyimpanan di iPhone atau di perangkat ini. Sedangkan di bagian atasnya pengguna dapat mengakses beberapa mode pengaturan dan My Downloads – akan saya jelaskan di bagian berikutnya.

Mencoba iXpand Flash Drive Untuk Melihat Foto, Memutar Musik & Video

Sekarang saatnya masuk ke folder yang sudah kamu buat tadi, coba jalankan video, foto atau musik yang ada di dalam SanDisk iXpand Flash Drive. Mirip dengan app Music bawaan, di perangkat ini kamu dapat melakukan playback, memilih lagu dengan cepat dan melihat detail informasi seperti nama penyanyi, judul lagu dan albumnya. Namun sayang informasi lirik lagu yang sudah kamu simpan tidak bisa ditampilkan ketika memutar lagu tersebut.

Saya sudah mengetes SanDisk iXpand Flash Drive untuk melihat foto, memutar musik dan juga video selama beberapa hari. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dari dalam aplikasinya. Mode melihat foto resolusi tinggi juga tetap lancar meskipun kamu sedang memutar musik misalnya.

Fitur My Downloads Untuk Saling Bertukar Data

Detail Tampilan Fitur My Downloads

Nah ini juga salah satu fitur menarik dari aplikasi SanDisk iXpand Sync. Kamu dapat mengunduh dokumen yang ada di SanDisk iXpand Flash Drive ke dalam aplikasi ini untuk digunakan tanpa perlu menghubungkan Flash Drive tersebut. Langkah sebaliknya juga dapat kamu lakukan – menyalin data dari My Downloads ke perangkat SanDisk iXpand Flash Drive milik teman misalnya.

Cara menggunakan fitur ini juga sangat mudah, tinggal pilih dokumen yang ingin kamu salin ke My Downloads. Setelah itu tekan ikon Share Extension (ikon kotak dengan panah ke atas) lalu pilih Save to My Downloads. Tampilan akan berubah ke proses menyalin dokumen – tenang saja gak lama kok. Sebagai tambahan, kamu dapat memulai langkah ini dengan menekan ikon Select di kanan bawah jika dokumen yang ingin disalin berjumlah lebih dari satu saja.

Backup Camera Roll Juga Bisa!

Fitur Favorit, Camera Sync

Bagi kamu yang sering mengambil gambar atau video di perangkat iOS, pasti sering kesal kan karena kehabisan memori penyimpanan? Tenang, gunakan saja fitur Camera Sync yang ada di SanDisk iXpand Flash Drive.

Akses fitur Camera Sync dari ikon tombol 3 garis horisontal bertumpuk di kanan atas halaman awal aplikasi ini lalu pilih Camera Sync. Aktifkan mode tersebut dengan menekan knob di baris Automatic Sync dan progress bar akan berjalan di bagian atas. Untuk pertama kali memang memakan waktu cukup lama – apalagi jika foot kamu banyak. Namun proses berikutnya akan sebentar saja karena hanya menyalin foto terbaru ke SanDisk iXpand Flash Drive.

Perlu diingat, kamu bisa menyalakan opsi Delete from iPhone after Sync untuk menghapus foto begitu proses backup ke SanDisk iXpand Flash Drive selesai. Bagian ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin mengosongkan foto di Camera Roll dengan mudah dan cepat – tentunya dengan backup yang bisa diakses secara mudah.


Baca Juga:

Hasil Review SanDisk iXpand Flash Drive dari MakeMac

Tim MakeMac sangat menikmati perangkat SanDisk iXpand Flash Drive berkat beragam kemudahan yang diberikan. Seperti akhir pekan lalu ketika dalam perjalanan keluarga dan banyak mengambil foto, saya bisa dengan mudah menyalin foto dari iPhone ke iPad untuk dapat dilihat bersama-sama lebih leluasa atau meminjamkan SanDisk iXpand Flash Drive untuk dibuka pada perangkat komputer.

Beragam kelebihannya adalah akses mudah dan offline untuk menyalin gambar, foto, video atau dokumen dari perangkat iOS ke komputer atau sebaliknya. Kecepatan akses dokumen, antarmuka yang bersih dan rapi serta mendukung fitur My Downloads dalam aplikasinya juga menjadi catatan yang wajib kamu coba di perangkat ini.

Dari segi kekurangan, sejauh ini sih hanya seputar tidak bisa mengakses lirik lagu dari musik yang diputar serta tutup kepala USB yang rentan hilang untuk kamu yang mudah lupa. Mengenai bentuk port Lightning, bagi saya adalah kelebihan karena membuat SanDisk iXpand Flash Drive tetap tipis dan mudah masuk di saku celana atau baju kamu.

Bagaimana Cara Membeli SanDisk iXpand Flash Drive?

Gak perlu repot beli pesan keluar negeri, produk ini sudah tersedia di Indonesia! Ya, kamu bisa memperolehnya di berbagai gerai toko erafone, eStore, Global APR, Story-i, tokoPDA.com dan Victorindo dengan perlindungan garansi 2 tahun. Mulai dari kapasitas 16 GB, 32 GB, 64 GB hingga paling besar yaitu 128 GB.

Informasi lebih lengkap mengenai produk SanDisk iXpand Flash Drive dapat kamu akses di laman SanDisk.com sambil mengintip beragam produk mereka yang lainnya yah!

Unduh aplikasi SanDsik iXpand Sync untuk dapat menggunakan perangkat iXpand Flash Drive dari tautan di bawah ini:

Download SanDisk iXpand™ Sync · Harga: Gratis


19 Comments
To Top