Miscellaneous

Selamat Ulang Tahun ke-11, iPhone Generasi Pertama!

Walau sudah lewat beberapa hari, Selasa, 9 Januari 2018 lalu menjadi hari yang bersejarah bagi Apple dan para penggemarnya. Pasalnya hari tersebut 11 tahun lalu tepatnya 9 Januari 2007, Apple kali pertama mengumumkan iPhone generasi pertama di dunia.

Ya tidak terasa kehadiran iPhone yang signifikan turut mengubah wajah dunia teknologi sudah mencapai umurnya yang kesebelas, meskipun sebenarnya peluncuran resminya di pasaran dilakukan pada akhir Juni 2007.

Hadir dengan layar multi-sentuh dengan bentang 3,5 inci, iPhone generasi pertama dianggap sebagai ponsel pintar yang revolusioner. Apple memperkenalkan iPhone generasi pertamanya tersebut di MacWorld Expo di Moscone West, San Francisco, AS, pada 9 Januari 2007.

Saat itu, CEO Apple Steve Jobs (alm.) menjelaskan keunggulan yang dimiliki iPhone generasi pertamanya, yaitu sebagai pemutar musik (iPod), akses internet lewat peramban mobile (Safari), dan juga telepon.

Untuk spesifikasinya saat itu tergolong sangat mumpuni. iPhone pertama dilengkapi Home Button yang ikonik, kapasitas storage 4GB, dan konektivitas seluler GSM yang mendukung GPRS dan EDGE untuk transfer data internet.

Setelah beberapa bulan berlalu, Apple baru menjual iPhone pertamanya pada tanggal 29 Juni 2007. iPhone tersebut dijual secara kontrak selama 2 tahun dengan harga $599 melalui jaringan ritel operator AT&T.

Lantaran sudah lama dinanti-nanti konsumen berdasarkan rumor dan spekulasi, iPhone pertama mendapatkan antusiasme yang sangat besar di pasaran begitu resmi dijual. Banyak konsumen mengantre di depan Apple Store dan toko AT&T.


Baca juga:


Sebanyak hampir 300 ribu unit iPhone pertama berhasil terjual dalam 30 jam pertama. Melihat besarnya antusiasme konsumen, Apple akhirnya menjual iPhone pertama di negara-negara lain, seperti Inggris, Perancis, Jerman, Portugis, Irlandia, dan lainnya.

Banyak dari mereka datang jauh-jauh hari sebelumnya dengan menginap atau mendirikan tenda. Hal ini kemudian menjadi tradisi di tahun-tahun berikutnya bahkan hingga sekarang saat iPhone baru diluncurkan.

iPhone pertama memang sangat revolusioner pada zamannya. Namun hal tersebut berlanjut ke iPhone iPhone lain hingga hadirnya iPhone X yang tampil sangat canggih dan modern dengan layar yang nyaris tanpa bezel. Selamat ulang tahun iPhone!


Click to comment
To Top