News

Seluruh Fasilitas Apple Resmi Menggunakan 100 Persen Energi Terbarukan

Apple resmi mengumumkan bahwa semua fasilitas mereka kini menggunakan 100 persen energi terbarukan (renewable energy). Fasilitas yang dimaksud adalah toko ritel, kantor, data center hingga fasilitas tambahan di 43 negara. Termasuk diantaranya adalah negara Amerika Serikat, Tiongkok, Inggris dan India.

Apple juga menjelaskan bahwa 9 partner penyuplai yang bekerjasama, juga mulai menggunakan 100 persen energi terbarukan. Hal ini membuat total 32 partner penyuplai yang sudah menggunakan sistem energi yang ramah lingkungan dan mengurangi resiko perubahan iklim.

Dalam catatan di Apple Newsroom, Tim Cook menjelaskan bahwa pencapaian ini akan terus dikembangkan pada beberapa sektor lain dengan tujuan membuat produk Apple semakin ramah lingkungan. Mulai dari material yang digunakan, cara mendaur ulang dan beragam hal lainnya.

We’re going to keep pushing the boundaries of what is possible with the materials in our products, the way we recycle them, our facilities and our work with suppliers to establish new creative and forward-looking sources of renewable energy because we know the future depends on it.”


Baca Juga:


Saat ini Apple memiliki 25 proyek energi terbarukan yang beroperasi di seluruh dunia. Kapasitas produksi yang berhasil dilakukan adalah 626 megawatt sepanjang tahun 2017 dengan pembangkit tenaga surya. Saat ini Apple juga sedang membangun 15 proyek energi terbarukan tambahan. Jika semuanya sudah berjalan, lebih dari 1,4 gigawatts energi terbarukan dapat dipakai oleh fasilitas mereka di 11 negara.

Masih dari catatan yang sama, Apple juga menjelaskan beberapa pencapaian mereka seputar penggunaan energi terbarukan sejak tahun 2014. Mulai dari Apple Park yang mendapatkan predikat penggunaan LEED Platinum-certified terbesar di Amerika Utara dan menggunakan 100 persen energi terbarukan. Sumber energi terbarukan di Apple Park berasal dari solar panel yang ada di atap gedung utama dan biogas fuel cells.

Catatan berikutnya adalah proyek solar panel dan kincir angin di Tiongkok, membangun data center Waukee, Iowa yang diklaim akan menggunakan energi terbarukan sejak hari pertama buka, proyek 300 atap dengan solar panel di Jepang dan beberapa negara lainnya. Catatan lengkapnya dapat kamu simak di laman Apple Newsroom.


10 Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Apple Park

[source site_name = “apple” site_url = “https://www.apple.com/newsroom/2018/04/apple-now-globally-powered-by-100-percent-renewable-energy/”][/source]


Click to comment
To Top