News

Stok Menumpuk, Penjualan HomePod Dinilai Tidak Laris

HomePod menjadi smart speaker pertama buatan Apple yang resmi dijual bulan Februari 2018. Dibalik kecerdasan dan beragam fitur unggulan yang dimiliki, sayangnya tingkat penjualan HomePod dianggap tidak sukses.

Dikutip dari laman Bloomberg, Apple mulai mengurangi jumlah pesanan HomePod dari salah satu manufaktur mereka yaitu Inventec Corp. Hal ini terjadi sejak akhir Maret lalu.

By late March, Apple had lowered sales forecasts and cut some orders with Inventec Corp., one of the manufacturers that builds the HomePod for Apple


Baca Juga:


Selama 10 minggu pertama, HomePod hanya memegang 10 persen pasar penjualan smart speaker. Sisanya yaitu 73 persen dipegang oleh Amazon Echo dan 14 persen dipegang oleh perangkat Google Home. Sedangkan di 3 minggu awal setelah peluncuran, penjualan mingguan turun menjadi sekitar 4 persen dari kategori smart speaker.

Sejumlah tim pekerja di Apple Store juga menjelaskan bahwa stok HomePod saat ini menumpuk di beberapa lokasi. Jumlah penjualannya bahkan tidak mencapai 10 unit untuk setiap harinya.

Masih dikutip dari laman sumber berita, ada beberapa prediksi mengenai penjualan HomePod yang dianggap jauh dari prediksi. Pertama adalah penundaan penjualan yang terjadi sejak akhir tahun lalu. Ya, harusnya HomePod dijual pada musim liburan akhir tahun 2017. Namun Apple mengumumkan bahwa perlu beberaapa waktu lagi yang menyebabkan HomePod baru dapat dijual pada bulan Februari 2018.

Kedua, harga yang diberikan pada HomePod jauh di atas beberapa kompetitornya yaitu $349. Ditambah lagi beberapa fitur yang ada di HomePod dirasa masih belum secerdas para pesaingnya. Salah satunya adalah mode Stereo yang gagal dikenalkan saat rilis HomePod, baru akan tersedia bersama AirPlay 2 di iOS 11 dalam waktu dekat.

Meskipun di balik semua kekurangan yang harapannya akan segera diperbaiki Apple, HomePod masih mendapatkan predikat smart speaker dengan kualitas audio terbaik berkat teknologi 7 Tweeter, 6 mikrofon, 1 woofer dan CPU Apple A8 di dalamnya.


(Video) Review HomePod dari Pakar Audio dan Apple Fanboy di Dunia

[source site_name = “The Verge” site_url = “https://www.bloomberg.com/news/articles/2018-04-12/apple-s-stumbling-homepod-isn-t-the-hot-seller-company-wanted”][/source]


Click to comment
To Top