News

Supplier Apple Ungkap Headset AR Siap Debut di 2019

Smart Glass

Smart Glass/Newswweek

Supplier Apple, Quanta Computer yang bertanggung jawab memproduksi Apple Watch dan MacBook memprediksikan produk headset yang mendukung teknologi Augemented Reality (AR) dari Apple bakal datang lebih cepat daripada yang diharapkan sebelumnya

Dilansir Nikkei Asian Review, Vice Chairman Quanta Computer C.C. Leung memprediksikan bahwa headset AR tersebut bakal hadir di pasaran paling lambat pada 2019 mendatang. Rumor sebelumnya menyebutkan Apple bakal meluncurkannya pada 2020.

Tidak hanya itu, petinggi Quanta Computer juga mengakui perusahaannya sedang menggarap proyek AR dan sudah mengadakan penelitian tentang teknologi optik yang dibutuhkan perangkat AR sejak dua tahun lalu.

“We are working on an AR project and have studied the optical technologies that AR devices have needed since two years ago,” Vice Chairman C.C. Leung told reporters after the Taiwanese manufacturer’s earnings conference. “Currently, we see such a device available in the market no later than the year 2019.”

Produk AR tersebut dikatakan bakal memiliki bentuk seperti headset yang dilengkapi dengan lensa transparan atau tembus pandang. Sehingga pemakainya bisa melihat dan berinteraksi dengan lingkungan.


Baca juga:


Petinggi Quanta Computer sendiri tidak menyebutkan nama Apple secara rinci. Namun mengingat Apple adalah konsumen terbesar mereka, jadi ini sangat masuk akal bahwa mereka bakal memproduksi headset AR tersebut buat Apple.

Penantang teknologi AR yaitu VR (Virtual Reality) boleh saja lebih populer saat ini. Namun hal itu disebutkan akan bertahan dalam jangka pendek. Pasalnya, perangkat AR bakal membawa lebih banyak aplikasi dan peluang untuk jangka panjang.

Produk AR diprediksi bakal sukses di pasaran. Dengan catatan, banderol harganya berada di bawah $1.000. Apalagi sekarang banyak perusahaan besar saat ini disebutkan tengah mengembangkan lebih banyak aplikasi AR.


Click to comment
To Top