Reviews

SyncMate, Aplikasi Sinkronisasi Multiguna

Pada kenyataannya, tidak semua pengguna Mac menggunakan iPhone dan iPad. Sebagian besar menggunakan perangkat lain seperti Android, Blackberry, atau feature phone lainnya. Untuk sinkronisasi dari Mac ke perangkat tersebut tidaklah gampang, ada banyak perangkat yang tidak mempunyai aplikasi untuk sinkronisasi. Perkenalkan SyncMate, sebuah aplikasi sinkronisasi multiguna.

Mengenai SyncMate

SyncMate dibuat oleh Eltima Software, pengembang download manager Folx yang sudah pernah kami bahas beberapa kali.

Selain bisa sinkronisasi dengan perangkat-perangkat Android, Windows Phone, Nokia, PSP, iPhone atau iPad, SyncMate juga bisa sinkronisasi dengan aplikasi web seperti Google, Dropbox, Mac, serta storage di server.

Perangkat dan servis yang didukung oleh SyncMate

Perangkat dan layanan yang didukung oleh SyncMate

Bisa jadi, SyncMate merupakan aplikasi sinkronisasi sesungguhnya yang kamu butuhkan.

Fasilitas Sinkronisasi

Hal-hal yang bisa disinkronisasi beragam, tergantung dari perangkat dan layanan web yang terpilih. Daftar yang bisa disinkronisasi bisa dilihat di halaman ini. Sebagai contoh untuk perangkat Android, sinkronisasi yang didukung adalah: kontak, iCal, bookmark Safari, file, iTunes library, iPhoto album, SMS, sejarah panggilan telepon dan bisa mount Android ke OS X.

Proses sinkronisasi ke perangkat bisa dilakukan melalui Wi-Fi atau kabel USB, tergantung dari fasilitas yang disediakan perangkatnya. Tentunya sinkronisasi melalui Wi-Fi akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan kabel USB.

Proses Sinkronisasi

Saya melakukan percobaan sinkronisasi menggunakan Acer Tab dengan OS X Lion, hasilnya memuaskan sekali, data-data yang saya sinkronisasi sukses ditransfer. Berikut ini tahapan sinkronisasi sederhana yang harus dilakukan.

Untuk perangkat Android, harus dipasang terlebih dahulu aplikasi SyncMate untuk Android, yang bisa diunduh gratis di Google Play. Setelah terpasang kamu harus mengaktifkannya dan melakukan penyetelan sederhana. Dalam penyetelan ini kamu bisa menjaring atau membebaskan mesin yang bisa sinkronisasi.

SyncMate di Android

SyncMate di Android

Di SyncMate OS X, klik “Add Connection” kemudian pilihlah Android Device, selanjutnya kamu bisa memilih menggunakan Wi-Fi atau USB. Apabila menggunakan Wi-Fi, kamu harus memasukkan alamat IP perangkat Android.

Apabila sudah terhubung, SyncMate akan menyediakan daftar data yang bisa disinkronisasikan di sebelah kiri.

Daftar Sinkronisasi SyncMate

Daftar Sinkronisasi SyncMate

Lakukan pemilihan data secara menyeluruh, dan perhatikan arahan sinkronisasi yang bisa dilihat di bagian “Synchronization direction”, jangan sampai data di OS X tertimpa oleh data di perangkat kamu. Perhatikan tanda panahnya. Apabila sudah selesai kamu bisa menekan tombol Sync now di bagian atas kanan. Proses sinkronisasi pun dimulai.

Dari gambar di atas ada pilihan “Mount disk”, dengan fasilitas ini, kamu bisa menampilkan keseluruhan file perangkat kamu (dalam hal ini Android) ke Finder di OS X, dan memperlakukannya layaknya seperti sebuah Hardisk eksternal.

Sayangnya saya tidak mempunyai perangkat lain untuk mengetes sinkronisasi SyncMate. Sinkronisasi dengan layanan web seperti Google dan Dropbox berjalan semestinya begitu juga dengan sinkronisasi dengan komputer lain.

Online Backup

Tunggu! SyncMate bukan hanya sebuah aplikasi sinkronisasi, tapi juga bisa backup data-data yang ada di Mac. Data yang di-backup berupa data-data seperti Contacts, iCal, To Dos, Bookmarks dan Notes. Untuk SyncMate versi expert akan mendapatkan ruang backup sebesar 200MB, sedangkan untuk yang biasa mendapatkan ruang sebesar 50MB. Tidak ada salahnya mempunyai tempat backup selain iCloud, terutama untuk kontak dan kalender.

Apakah SyncMate Berguna?

Tentu saja berguna, terutama bagi kamu yang mempunyai perangkat yang tidak mempunyai aplikasi sinkronisasi bawaan. Saat ini banyak sekali perangkat Android tapi tampaknya pabrikan Android tidak pernah memikirkan sinkronisasi, mereka hanya mengandalkan kepada sinkronisasi layanan Google yang sangat terbatas.

SyncMate juga berguna sekali bagi Anda yang ingin sinkronisasi file ke beberapa komputer sekaligus, misalnya untuk membuat backup harian.

Terdapat dua versi SyncMate, yang biasa dan expert, masing-masing mempunyai fasilitas yang berbeda, tentunya versi expert mempunyai lebih banyak fasilitas. Seperti singkronisasi Bookmark Firefox, Folder, Sticky Note, kamu bias lihat daftar lengkap fasilitas versi expert. Untuk versi biasa, bisa kamu coba sekarang juga tanpa dipungut biaya.

Update: Promo Code

Kabar baik, bagi pembaca MakeMac. SyncMate memberikan diskon 20% setiap pembelian SyncMate menggunakan promo code: MM-SM-20 . Masukan promo code tersebut di halaman pembayaran. Selamat menikmati diskonan :-)


1 Comment
  • mussoli

    mantap mas tips nya, salam kenal

To Top