News

Tembus 3 Juta Unduhan, Teknologi ARKit Paling Diminati untuk Games


ARKit adalah framework baru yang diberikan oleh Apple bagi para pengembang aplikasi di iOS 11. Contoh dari penggunaan teknologi ini adalah beragam aplikasi dan games yang menggunakan Augmented Reality, perpaduan hasil rekaman kamera secara realtime dan animasi yang membuatnya tampak nyata. Setelah hampir sebulan iOS 11 rilis, laman SensorTower punya hasil riset mengenai beragam aplikasi dengan teknologi ARKit yang ada di App Store. Peringkat paling banyak dan tinggi ada di games dengan kisaran 35% dari total data 3 juta unduhan.


Dapat kamu lihat pada gambar di atas, games dengan teknologi ARKit mendapatkan porsi jauh di atas aplikasi dengan kategori lain. Yaitu Utilities, Entertainment, Education, Photo & Video, Lifestyle dan lain sebagainya. Sedangkan data lainnya juga menyebutkan bahwa games sudah mengantongi 53% jumlah unduhan untuk predikat aplikasi yang mendukung ARKit. Games juga menjadi penyumbang terbesar untuk pendapatan Apple di aplikasi dengan kategori ARKit yaitu 62%.



Baca Juga:


Sedangkan jika games dikeluarkan dari list tersebut, yang menduduki peringkat atas adalah beragam aplikasi utilitas. Seperti aplikasi untuk mengukur ruangan dengan teknologi AR, aplikasi belanja furnitur dari IKEA, serta beberapa lainnya. Sebagai tambahan catatan, hasil survei ini hanya mengacu pada aplikasi yang fokus pada teknologi ARKit saja. Beragam aplikasi atau games dengan integrasi ARKit sederhana seperti mini games, foto dan video, tidak akan masuk dalam list di atas.

Saya pribadi sudah mencoba beberapa games dengan teknologi ARKit dan betah untuk bermain cukup lama. Sedangkan untuk aplikasi, sebagian besar pengembang aplikasi ARKit masih fokus pada regional US seperti aplikasi IKEA misalnya. Apakah kamu sudah mencoba beragam aplikasi di iOS 11 dengan teknologi ARKit? Bagikan di kolom komentar ya!


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top