News

Terlalu Mirip iPad, Merek Dagang Xiaomi Mi Pad Dilarang Terdaftar di Eropa

Mi Pad

Xiaomi Mi Pad/Honorbuy.com

Perangkat tablet ciptaan Xiaomi, Mi Pad, dinyatakan Pengadilan Umum Uni Eropa sudah melanggar hak kekayaan intelektual Apple. Pasalnya, merek tablet Android tersebut dinilai terlalu mirip dengan perangkat iPad.

Sebagaimana diberitakan Reuters, pengadilan tinggi kedua di Uni Eropa memberikan putusan yang melarang Xiaomi untuk mendaftarkan Mi Pad sebagai sebuah merek dagang. Hal ini karena kemiripan mereknya dengan iPad dapat membuat konsumen bingung.

“The dissimilarity between the signs at issue, resulting from the presence of the additional letter ‘m’ at the beginning of ”Mi Pad“, is not sufficient to offset the high degree of visual and phonetic similarity between the two signs,” the Court said in a statement.

Xiaomi dilaporkan sudah mendaftarkan merek dagang Mi Pad di Uni Eropa pada 2014 lalu. Pendaftaran tersebut membuat Apple berang karena merek dagangnya dapat membuat konsumen berpikir Mi Pad adalah varian lain dari iPad.

Lantas di 2016, Apple pun mengajukan tuntutan ke Pengadilan Umum Uni Eropa mengenai merek dagang Mi Pad. Pengadilan kemudian menerima keputusan European Union Intellectual Property Office (EUIPO) dan Apple dengan mengacu kepada arti awal “mi” yang berarti “my” dalam bahasa Inggris. Hal ini berlaku juga untuk pengucapan “i” di Mi Pad diucapkan sama seperti iPad.


Baca juga:


Xiaomi diberikan hak untuk mengajukan upaya banding untuk menolak keputusan Pengadilan Umum Uni Eropa. Mereka harus melakukan banding ke Pengadilan Keadilan Uni Eropa yang merupakan pengadilan tertinggi di kawasan Eropa.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari Xiaomi. Apakah bakal mengajukan banding atau tidak. Di awal kemunculannya, Xiaomi dikenal sebagai “Apple dari China” lantaran kerap meniru produk-produk Apple, termasuk sistem antarmuka iOS.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top