News

Terungkap, iPhone X Bakal Usung Prosesor 6 Inti

iPhone X

Sistem operasi iOS 11 Gold Master (GM) yang dirilis Apple pada akhir kemarin menyimpan banyak sekali informasi penting mengenai iPhone X dan berikut sejumlah fitur canggihnya. Bocoran baru ditemukan adalah mengenai detil spesifikasinya, seperti prosesor, wireless charging, Face ID, kamera, dan lainnya.

iPhone X yang merupakan nama final edisi ulang tahun kesepuluh iPhone dipastikan bakal dilengkapi dengan chip prosesor A11 Fusion dengan jumlah 6 inti buah. Dalam barisan kode seperti ditemukan Steve Throughton-Smith, chip A11 Fusion hadir dengan dua konfigurasi inti.

Dilansir 9to5Mac, konfigurasi pertama disebut Moonson yang terdiri dari dua inti yang memiliki kemampuan tinggi. Sedangkan empat inti sisanya disebut dengan Mistral yaitu inti yang efisien dalam penggunan daya baterai. Menariknya, semua inti disebutkan dapat digunakan secara mandiri.

Konfigurasi inti dalam chip prosesor A11 Fusion yang diusung di iPhone X ini sejatinya mirip seperti di iPhone 7 dan iPad Pro. Chip prosesor Fusion 10 di iPhone 7 terdiri dari empat inti yang terbagi dalam dua konfigurasi yaitu tinggi dan rendah. Di iPad Pro, chip prosesor A10X hadir dalam konfigurasi 3+3 dengan kemampuan tinggi dan rendah.

Detil berikutnya adalah mengenai fitur wireless charging. Dalam iOS 11 GM, ditemukan rangkaian kode dengan nama ChargingViewService app. Kode tersebut mengungkapkan soal hadirnya animasi 3D saat iPhone mengisi baterai secara nirkabel.

Untuk spesifikasi kamera, kemampuan merekam video 4K pada 60 FPS dan video 1080p pada 240 FPS tidak hanya bakal eksklusif hadir di iPhone X saja. iPhone 8 yang merupakan nama iPhone baru lainnya juga bakal dilengkapi kamera dengan kemampuan serupa.


Baca juga:


Tidak hanya itu, fitur Portrait Lighting juga bakal hadir tidak hanya di iPhone X tapi juga di iPhone 8. Portrait Lighting adalah Mode Portrait yang berhubungan dengan pencahayaan, seperti Contour Light, Natural Light, Stage Light, Stage Light Mono, dan Studio Light.

Fitur lainnya yang terungkap adalah soal tombol power yang berada di samping kanan iPhone X. Tombol power yang memiliki ukuran lebih panjang merangkap fungsi untuk otentifikasi proses pembayaran Apple Pay via Face ID. Untuk konfirmasinya, pengguna harus menekan tombol power dua kali.

Meski terlalu dini, lini iPad juga kemungkinan bakal mendapatkan fitur pembayaran Apple Pay via Face ID sebagaimana ditunjukkan rangkaian kode yang ditemukan. Namun begitu, kehadirannya masih lama mengingat Apple baru meluncurkan iPad baru pada pertengahan tahun ini.


Click to comment
To Top