Games

Review The Sims Mobile, Ceritakan Dirimu Lewat Karakter Sims!

the-sims-mobile

Bosan dengan kehidupan didunia nyata? Mungkin kamu harus mencoba The Sims Mobile. Game besutan Electronic Arts ini akhirnya resmi dirilis di seluruh dunia pada tanggal 6 Maret lalu. Hampir setahun lalu, The Sims Mobile sebelumnya diluncurkan hanya untuk region North America saja, tapi akhirnya, game ini keluar dari masa soft-launch dan tersedia untuk diunduh di seluruh negara.

The Sims Mobile mempunyai mekanisme permainan yang cukup mirip dengan The Sims 4 yang bisa kita mainkan melalui PC. Namun versi mobile ini juga mendapat tambahan bumbu freemium milik The Sims Freeplay. Jadi, kamu tetap dapat mengunduhnya secara cuma-cuma, namun didalamnya akan ada beberapa in-app purchase.

Kustomisasi Kaya, Khas The Sims Series

the-sims-mobile1


Bukan EA namanya jika tidak memiliki ide untuk banyak hiasan kustom konten. Jadi untuk urusan kustomisasi karakter, disini kamu disuguhkan dengan bermacam-macam opsi untuk dapat membuat karakter yang sangat detail dan semirip mungkin dengan diri kamu sendiri, atau bintang favoritmu, tergantung siapa yang akan menjadi karaktermu nanti.

Mulai dari setelan kemeja atasan, rok dan celana panjang, atau bahkan satu set pakaian dan seragam. Sampai dengan warna sepatu, kacamata, dan topi. Bagian kustomisasi perawakan badan pun seakan tidak mau kalah. Kamu dapat merubah dan menyesuaikan apakah karakter yang akan kamu buat mempunyai badan yang sangat kurus, ataupun sangat gendut. Tidak hanya itu saja, tapi kamu juga bisa membuat karakter yang gendut sekaligus berotot, atau kurus tetapi sedikit buncit.

Ingin membuat seseorang yang mirip alien, dengan tubuh besar dan berotot? Ya, kamu bisa melakukannya. Kamu bisa memilih warna tubuh sekalipun, tidak hanya warna mata dan rambut saja. Tidak puas dengan kustomisasi yang diberikan? Ada pilihan lainnya, yaitu merubahnya sendiri menurut keinginanmu menggunakan slider, seperti pada The Sims 4 versi desktop. Disini, kamu diberikan kebebasan secara penuh untuk merubah ukuran tubuh sesuai dengan keinginanmu sendiri.

Ekspresikan Diri Karaktermu Lewat Aktifitas

the-sims-mobile2


Karena mekanisme permainan The Sims Mobile juga mirip dengan yang ada pada The Sims 4, maka kamu sebenarnya bebas untuk melakukan apapun yang kamu inginkan pada game ini. Kamu bisa langsung mencari teman yang banyak, atau mungkin justru sibuk dengan mencari pekerjaan. Apapun itu, pastikan kamu terus membuat karaktermu beraktifitas.

Beberapa fitur dari game ini dikunci melalui level, yang berarti, jika kamu masih berada di level awal—kurang dari 10 misalnya—maka aktifitas yang dapat karaktermu lakukan pun menjadi terbatas. Maka lebih baik untuk terus membuat karaktermu melakukan aktifitas, agar karakter tersebut mendapatkan poin experience, yang nantinya membuat levelmu naik.

Mulai dari bercakap-cakap dengan tetangga, bekerja di kafe atau restoran, hingga berpesta. Jika kamu bosan melakukan hal yang sama, maka kamu bisa mencoba untuk menata ulang atau menambah dekorasi rumah dari karaktermu sendiri. Semua aktifitas tersebut akan memberikan karaktermu poin experience yang nantinya akan menghasilkan hadiah. Hadiah tersebut dapat berupa simoleon, atau uang sims, dan poin lainnya lagi seperti career poin setelah selesai bekerja, friends poin setelah berinteraksi dengan teman, atau home poin yang akan didapatkan setelah kamu selesai mendekorasi rumah.

Bercerita Lewat Alur Yang Kita Pilih Sendiri

the-sims-mobile4


Pada The Sims Mobile, pengembang berusaha untuk lebih memberikan fokus secara sederhana kepada pemain. Hal ini terasa ketika kamu harus memilih beberapa opsi ketika karakter kita selesai bekerja, atau setelah berinteraksi dengan sims lainnya. Jadi para pemain sebenarnya secara tidak langsung akan diarahkan kepada alur cerita utama yang didasarkan pada pilihan pemain sendiri.

Setiap selesai berinteraksi dengan sims lain misalnya, kamu akan diberikan beberapa pilihan untuk memilih tipe pertemanan apa yang akan dijalankan nantinya oleh kedua sims tersebut. Apakah itu pertemanan yang suka sama suka, teman dekat, atau mungkin hanya teman bermain saja. Hal yang sama akan kamu temui saat selesai melakukan aktifitas pekerjaan, hobi atau kesukaan, dan saat pemilihan sifat yang dimiliki oleh karakter sims kamu sendiri.

Saya cukup menyukai mekanisme baru ini, terutama karena dengan begitu, pemain tetap bisa fokus kepada permainan yang terarah, tanpa terkesan diatur oleh permainan secara langsung. Beberapa aktifitas bisa dijalankan dengan cepat jika kamu bisa memainkannya secara langsung, tetapi akan membutuhkan waktu cukup lama, yang dihitung berdasarkan di dunia nyata jika kamu hanya mendiamkannya saja. Mengobrol misalnya akan memakan waktu dua jam di dunia nyata, dan hanya akan menghabiskan kurang dari semenit jika kamu langsung memainkannya saat itu juga.

Mengumpulkan Energi & Uang (Sungguhan)

the-sims-mobile5


Satu hal yang harus kamu ingat dalam bermain The Sims Mobile adalah bahwa game ini adalah game freemium. Itu berarti kamu bisa bebas bermain game ini sampai kapanpun, dan tanpa dipungut biaya sepeserpun dengan beberapa syarat; kamu tidak akan mempunyai karakter lebih dari dua tanpa membayar dengan uang sungguhan, karaktermu akan menggunakan energi untuk melakukan segala aktifitas, dan akan ada beberapa barang di dalam game yang hanya bisa dibeli menggunakan uang sungguhan.

Mirip dengan mekanisme permainan yang dimiliki oleh The Sims Freeplay, disini kamu bisa memainkan lebih dari satu karakter. Jadi tidak perlu khawatir jika kehabisan energi, kamu masih bisa memainkan karaktermu yang satunya lagi. Mereka tetap mempunyai energi masing-masing, jadi gunakan ini untuk keuntunganmu sendiri, mencoba aktifitas lainnya, menjelajah ke tempat yang belum pernah dikunjungi atau berusaha untuk mendapatkan hadiah simoleon dengan melakukan daily task dan selesaikan quest.


Baca Juga:

Setiap naik satu level, kamu akan mendapatkan SimCash. SimCash ini nantinya dapat digunakan untuk membuka bebeberapa model rambut, desain baju, dan peralatan rumah tangga tertentu. Karena SimCash hanya dapat ditambah menggunakan uang sungguhan, maka menggunakan SimCash menjadi hal yang sifatnya opsional. Untuk mendapatkannya, kamu harus membayarkan uangmu lewat in-app purchase. Kamu mungkin boleh berbangga hati karena barang yang dibeli lewat in-app purchase tadi, tidak akan bisa dimiliki oleh orang lain yang tidak membelinya. Konten tersebut hanya dapat dimiliki oleh pemain yang membayar dengan uang sungguhan saja.

The Sims Terbaik Versi Mobile

the-sims-mobile6


Saya cukup terkesan ketika melihat ada banyak sekali kustomisasi yang bisa diubah pada saat membuat karakter pertama kali pada The Sims Mobile, mulai dari perawakan badan, hingga warna rambut dan pakaian yang karakter saya akan kenakan. Tidak berhenti saja sampai disitu, saya masih dibuat kaget untuk kedua kalinya. The Sims Mobile juga menawarkan kustomisasi dunia yang tidak kalah banyak. Mulai dari menambahkan peralatan rumah tangga di rumah sendiri, menambahkan dekorasi pada kafe atau restoran tempat kerja karakter, hingga menambah atau membuat ruangan yang sama sekali baru untuk ditambahkan ke rumah awal milik karakter.

Dari dua hal diatas saja, saya tidak perlu berpikir panjang untuk merekomendasikan game freemium yang satu ini untuk kamu coba. Tapi tidak adil rasanya jika saya tidak membahas tentang suara latar dan grafisnya. Suara latarnya berirama khas seperti yang akan kamu dapati pada game The Sims lainnya, membuat kamu semakin betah untuk bermain. Dipadukan dengan bahasa sehari-hari khas sims, yang tidak akan kamu temui di game lainnya, yang lebih banyak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Grafisnya tetap dipertahankan, masih terlihat seperti kartun. Hal tersebut terlihat cukup jelas saat kamu membuat karaktermu sedikit aneh, seperti membuat kepalanya besar, sedangkan badannya tetap kecil. Kartun bukan berarti menghilangkan detail. Bahkan untuk ukuran game mobile sekalipun, detail yang diberikan oleh The Sims Mobile cukup menawan. Saya tidak seharusnya meragukan pengembang besar seperti EA untuk tetap memperhatikan detail kecil seperti ini.

Untuk urusan freemium, jika kamu tetap ingin mendukung EA dengan memberikan uangmu ke mereka, maka kamu bisa langsung menggunakan uangmu untuk mendapatkan beberapa barang virtual lewat tawaran pop-up atau lewat opsi kustomisasi karakter dan barang. Tetapi jika kamu tidak ingin membelanjakan uangmu, maka kamu bisa mengikuti tips & trik yang akan tim MakeMac bahas di beberapa artikel mendatang.

Download The Sims™ Mobile · Harga: Gratis


Click to comment
To Top