Featured

Beragam Tips Memotret dengan iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Perangkat iPhone memang memiliki fitur kamera yang bisa kamu andalkan – untuk mengabadikan segala kegiatan baik acara keluarga hingga pekerjaan. Nah tim MakeMac punya beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi Camera di iPhone. Ya, tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, semua pembahasan ini menggunakan app Camera yang ada di iPhone 5s saya. Yuk langsung saja!

1. Intip Settings Dulu Yuk!

Saya yakin di antara kamu pasti ada yang jarang masuk ke Settings > Photos & Camera. Bagian ini berisi beberapa pengaturan seputar aplikasi Photos dan penggunaan Camera di perangkat iPhone. Seperti mode iCloud Photo Library, Photo Stream, iCloud Photo Sharing, Summarize Photos dan lainnya yang berhubungan dengan penyimpanan.

Nah untuk mode Camera, ada 2 pengaturan yang harus kamu cek. Yaitu Grid atau garis bantuan yang tampil ketika kamu memotret serta mode Record Video. Saya sering mematikan mode Grid kecuali untuk mengambil gambar bangunan – mencari garis tegak. Untuk pengaturan Record Video, ada 2 ukuran resolusi yang dapat kamu pilih yaitu 720p dan 1080p. Sebagai tambahan di iPhone 6 ada 3 mode video dan 2 pengaturan Slo-Mo.

2. Kenali Semua Fitur yang Ada di App Camera

Ada banyak fitur yang tersedia di app Camera, semuanya bisa kamu akses dengan mudah dan cepat sambil melihat objek yang ingin kamu foto. Empat ikon di atas (dari kiri ke kanan) adalah Flash, HDR, Timer dan mengganti ke kamera depan.

Sisanya di bagian bawah ada beberapa mode mengambil gambar. Yaitu Time-Lapse, Slo-Mo, Video, Photo, Square dan Panorama. Ikon 3 titik di kanan bawah adalah Live Filter untuk memberikan efek gambar dan melihatnya sebelum dijepret.

3. Paling Penting: Pastikan Foto Kamu Fokus!

Perangkat iPhone 4s atau yang lebih baru memang sudah dilengkapi dengan fitur deteksi wajah sebagai fokus foto. Namun tidak selamanya yang kamu foto adalah wajah kan? Nah ketika memotret objek benda, pastikan kamu sudah memberikan fokus pada bagian yang diinginkan ya.

Caranya tekan dan tunggu hingga kotak kuning tampil di bagian tersebut. Untuk pengguna perangkat iOS 9, kini ada mode fokus dan pengaturan exposure yang fleksibel. Yaitu dengan cara tekan layar dengan jari kamu di layar hingga muncul ikon matahari. Setelah itu swipe atas atau bawah untuk mengubah exposure foto. Mode ini akan membuat tampilan exposure foto lebih terang (atas) atau gelap (bawah) namun tetap berfokus pada objek yang kamu pilih.

4. Lebih Dekat, Lebih Fokus dan Spesifik

If Your Pictures Aren’t Good Enough, You’re Not Close Enough

Quote dari fotografer Robert Capa ini bisa menjadi inspirasi kamu. Berusahalah untuk membuat foto yang lebih dekat dengan objek kamu dan bebas gangguan. Metode rules of thirds juga bisa kamu gabungkan di teknik ini. Tentunya memang sedikit butuh waktu untuk mendapatkan hasil yang baik, namun semua itu tidak ada salahnya kamu coba kan?

5. Jangan Malu untuk Terus Memotret – Burst Mode

Momen yang kamu saksikan mungkin tidak akan pernah terulang. Ya, untuk itulah mode rentetan foto (burst) bisa kamu andalkan. Cukup tekan dan tahan tombol shutter warna putih di layar untuk membuat iPhone mengambil gambar berkali-kali. Nantinya jangan lupa memilih frame terbaik dan pastikan untuk menghapus sisanya supaya tidak membuat penuh memori penyimpanan iPhone kamu.


Baca Juga:

6. Jangan Terlalu Sering Memotret di Mode Tegak!

Sebagian besar waktu kamu dalam mengoperasikan perangkat iPhone memang ada di dalam mode tegak, semua orang juga pasti tahu hal ini. Namun sebaiknya kamu mengurangi memotret dalam mode tegak ya – biasakan untuk memotret dalam mode mendatar atau landscape. Apalagi untuk mode video, jangan sampai kamu mendapatkan cap vertical video syndrome ya.

Kenapa harus mode mendatar? Kamu dapat mengolah foto dalam mode mendatar menjadi banyak hal. Seperti posting artikel di blog yang lebih rapi, crop dengan mode 16:9 dengan hasil yang pas atau mode kotak (1:1) yang tidak terlalu mepet. Untuk memotret pemandangan, mode mendatar juga membuat kamu bisa mereka objek secara lebih luas dan lebar.

7. Gunakan Mode Foto Panorama di Perjalanan Kamu

Jika sedang bepergian ke tempat dengan pemandangan yang indah, pastikan untuk mengambil foto panorama ya! Terkadang kamu tidak perlu memotret panorama secara penuh alias 360 derajat. Ambil saja dengan sudut 180 derajat alias sejauh leher kamu menoleh ke kanan dan ke kiri tanpa perlu mengubah posisi kaki. Tips lengkap untuk memotret panorama akan saya hadirkan di artikel terpisah ya!


Baca Juga:

8. Foto Hitam Putih di Saat yang Tepat

Sedang memotret di tempat yang menggunakan sumber cahaya dengan warna merah, biru atau lainnya seperti dalam tempat konser atau venue unik lainnya? Memotret dengan mode warna normal, kadang akan membuat foto kamu kurang menarik dan flat. Coba gunakan mode Live Filter dan pilih efek Mono atau Tonal.

Efek hitam putih juga cocok untuk keadaan yang sendu. Seperti rintik hujan, bayangan di teriknya matahari atau hal lainnya. Silahkan terus eksplorasi warna dan cahaya dalam setiap jepretan kamu ya!

Akhir Kata

Memotret adalah tentang mengabadikan sebuah kegiatan, menyimpan kenangan dan membagikan apa yang kamu lihat kepada orang lain. Gunakan perangkat kamera di iPhone kamu secara maksimal dan benar lalu selamat menikmati hasil foto kamu bersama teman dan keluarga ya!


‘The Painter of Jalouzi’, Film Dokumenter Resolusi 4K dari iPhone 6s Plus

Gambar
3 Comments
To Top