How-To

Tips Menyimpan Perangkat Apple dalam Waktu Lama Tanpa Merusak Baterai

Apakah kamu berencana menyimpan perangkat Apple seperti MacBook, iPhone, iPod Touch atau iPad dalam waktu lama? Seperti acara liburan keluarga, mudik ke kampung halaman atau mungkin kegiatan lainnya. Ada beberapa tips yang harus kamu tahu sebelum menyimpan produk Apple agar tetap awet dan baterai tidak rusak saat ingin kembali dipakai. Simak langsung yuk!

Menyimpan Perangkat Apple dalam Waktu Lama Tanpa Merusak Baterai

Dua Hal Paling Penting: Temperatur dan Baterai

Ada dua hal yang harus kamu perhatikan sebelum menyimpan perangkat iOS dan komputer Mac dalam waktu lama. Yaitu temperatur dari tempat penyimpanan dan juga baterai yang ada di perangkat. Semakin stabil temperaturnya, perangkat gadget akan minim mengalami kerusakan seperti lembab.

Apple menyarankan untuk menyimpan produknya dalam suhu 90° F (32° C) dan tidak ditempat yang lembab. Jika diperlukan, simpan dalam Dry Box atau Dry Cabinet yaitu tempat kotak yang memiliki pengaturan kelembaban seperti yang dipakai para fotografer untuk menyimpan kamera.

Faktor kedua yang harus diperhatikan adalah prosentase baterai. Kamu tidak boleh menyimpan perangkat gadget dengan kondisi prosentase baterai yang sembarangan. Simak penjelasan lengkap di point berikutnya.

Simpan dengan Prosentase Baterai 50%

Apple menyarankan kamu untuk mengisi baterai hingga sekitar 50% sebelum disimpan dengan waktu yang lama. Kondisi ini dinilai paling baik dan optimal untuk menjaga baterai tidak cepat habis dan mencegah penurunan kekuatan baterai saat ingin kembali digunakan. Bagi kamu yang sudah pernah membeli iPhone, iPad atau MacBook Pro dalam kondisi baru, pasti juga menemukan hal yang sama. Yaitu ketika pertama kali dibuka, baterai yang tampil di gadget tersebut ada di sekitar 50%.

Sebagai tambahan, tips ini berlaku untuk penyimpanan gadget di bawah 6 bulan. Silakan kembali isi baterai hingga 50% setiap 6 bulan sekali untuk meneruskan masa penyimpanan yang kamu perlukan.


Baca Juga:


Matikan Dulu, Baru Disimpan

Setelah mengisi baterai hingga sekitar 50%, silakan matikan perangkat sebelum melakukan penyimpanan dalam waktu yang lama. Pastikan juga bahwa perangkat tersebut sudah benar-benar mati dan disimpan pada tempat yang lega. Sehingga tidak ada kemungkinan Power Button tertekan oleh benda lain di sekitarnya yang membuat perangkat otomatis menyala tanpa kamu sadari.

Pakai Kembali, Isi Baterai Agak Lama

Setelah menyimpan produk Apple dalam waktu lama, bisa saja perangkat tersebut kehabisan baterai total. Saat pertama kali mengeluarkan dari kotak penyimpanan, silakan isi baterainya alias charging hingga sekitar 20 menit dengan adapter original yang kamu miliki.

Tips Tambahan

Sebagai pengguna beberapa perangkat iPod, saya rutin melakukan tips di atas untuk koleksi yang jarang digunakan. Tips tambahan dari tim MakeMac, kamu bisa mengatur Reminder di perangkat iOS atau catatan di Calendar untuk jadwal charging yang harus dilakukan secara rutin. Intinya adalah tidak boleh malas apalagi cuek jika punya beberapa gadget yang jarang dipakai dan ingin tetap menjaganya agar tidak rusak.

Apakah kamu punya tips tambahan untuk menyimpan gadget Apple dalam waktu lama? Bagikan di kolom komentar ya!


3 Cara Mengisi Baterai Komputer Mac dengan Lebih Cepat

[source site_name = “apple” site_url = “https://www.apple.com/lae/batteries/maximizing-performance/”][/source]


Click to comment
To Top