Reviews

Twitterific 5 for Mac: Tampilan Baru, Ringkas dan Mode Edit Tweet



Twitterific 5 adalah aplikasi akses akun Twitter di komputer Mac yang baru saja rilis setelah “tidur panjang” selama 4 tahun. Ya, tim pengembang Icon Factory akhirnya merilis update untuk aplikasi akses Twitter perdana buatan mereka. Apa saja fitur yang diberikan dan hal menarik yang di Twitterific 5? Simak info lengkap dari tim MakeMac ya!

Cerita Panjang di Balik Twitterific 5

Twitterific bisa dibilang punya sejarah penting untuk pengguna Twitter di dunia. Aplikasi Twitterific for Mac rilis sekitar 6 bulan setelah kehadiran sosial media Twitter. Beberapa waktu setelah itu, Apple mengenalkan iPhone kepada pengguna di dunia pada tahun 2007. Tim pengembang Icon Factory tidak ingin kehilangan kesempatan, akhirnya mereka membuat Twitterific for iOS sebagai pendamping layanan serupa di Mac.

Hingga pada akhirnya perkembangan teknologi di iOS menjadi hal yang lebih menarik selama beberapa tahun belakangan, membuat Twitterific 5 ditinggalkan selama dan tanpa update apapun. Alasannya sederhana, kebutuhan untuk membuat tim pengembang khusus untuk Twitterific 5 for Mac yang terbatas dengan dana dan waktu yang ada.


Akhirnya Icon Factory punya jalan keluar yang cukup unik yaitu menggalang dana lewat Kickstarter dengan kebutuhan minimal $75.000 untuk membangun Twitterific 5 di Mac. Secara mengejutkan, mereka berhasil mendapatkan angka tersebut secara singkat dan bahkan lebih – hingga total $108,346 dari para penggemar aplikasinya selama 10 tahun. Kini kamu bisa membeli Twitterific 5 for Mac di App Store dengan harga $19.99. Berikut ini daftar hal menarik dari harga yang tidak murah untuk Twitterific 5 for Mac:

Tampilan dan Daftar Fitur


Di Twitterific 5 for Mac, kamu akan menjumpai timeline Twitter dengan desain yang kompak, ringkas dan penuh pengaturan tampilan yang dapat disesuaikan lewat mode Preferences. Mulai dari tema warna gelap dan terang, ukuran font, jenis font yang digunakan, pengaturan multi akun, koneksi ke Twitterific for iOS lewat iCloud dan beragam hal lainnya.

Kembali pada tampilan utama, tombol akses di Twitterific 5 punya posisi yang berbeda jika dibandingkan Twitter for Mac atau aplikasi pihak ketiga sejenisnya. Yaitu tab untuk Home, Mention, Likes, List dan Search yang ada di bagian atas. Untuk setiap Tweet yang kamu baca, atribut untuk memberikan interaksi seperti Reply, Quote, RT dan Likes ada di bagian bawah. Di sisi samping, kamu bisa menekan ikon Share Extension dan akses ke beberapa fitur tambahan. Seperti Translate, Coply Link, Copy Text dan juga Edit Tweet!


Mode Edit Tweet yang dimaksud oleh Twitterific 5 for Mac sebetulnya tidak sepenuhnya mengganti Tweet yang sudah kamu ketik dan bagikan. Namun berupa salin isi Tweet tersebut, hapus Tweet lama dan silakan tulis kembali. Semuanya dilakukan secara otomatis oleh Twitterific 5 sehingga terlihat seperti mode Edit.

Bagian menarik lainnya dari Twitterific 5 adalah fitur Shortcut yang diberikan. Kamu dapat menggunakan beragam shortcut yang telah disediakan dan juga bisa merekam shortcut sendiri. Yaitu untuk fitur Hide and Show Window – bisa digunakan sebagai cara cepat untuk akses Twitterific 5 kapan saja saat kamu butuhkan.

Untuk kamu yang lebih senang menggunakan Twitter dengan beberapa jendela aplikasi, Twitterific 5 adalah pilihan yang tepat. Misalkan kamu ingin memantau sebuah Thread dari Tweet yang terus berlanjut, menggunakan Twitterific 5 sekaligus untuk 2 akun berbeda di beberapa kolom dan juga mode Split View di macOS yang mendukung.


Baca Juga:


Bebas Iklan dan Mendukung Beragam Fitur Bawaan


Harga yang harus kamu bayar untuk Twitterific 5 tentunya akan membebaskan pengguna dari tampilan iklan di Twitter. Sehingga kamu dapat memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan para Follower atau daftar Following secara bebas gangguan. Mode Timeline yang kamu lihat juga tentunya bersifat chronological order atau berbasis waktu. Bukan seperti aplikasi Twitter bawaan yang mendukung fitur untuk memperlihatkan Tweet yang dirasa penting dan harus kamu lihat lebih dulu, setiap membuka aplikasinya.

Twitterific 5 juga tidak akan menampilkan daftar Tweet yang diberi tanda Like oleh orang yang kamu ikuti di Timeline. Namun mode RT dan Quote Tweet tetap tampil secara normal dan bisa digunakan sesuai kebutuhan ya.

Pindah pada fitur bawaan macOS, Twitterific 5 tentunya bekerja dengan baik dan lancar untuk beberapa fitur yang terhubung langsung dengan sistem operasi. Sepert mode Notification Center, Full Screen, layar Retina Display dan beberapa mode Share Extension yang sudah saya bahas di atas. Twitterific 5 juga membuat aplikasi ini ramah digunakan oleh pengguna dengan beberapa keterbatasan indera seperti mendukung fitur Voice Over untuk navigasi Timeline, membuat Tweet baru serta beberapa fitur lain.

Tertarik Mencoba Twitterific 5?


Aplikasi Twitterific 5 bisa diunduh di Mac App Store dengan harga $19.99 dengan beragam fitur dan kelebihan menarik yang udah saya jelaskan di atas. Icon Factory memang memasang harga yang cukup tinggi di aplikasinya namun diikuti dengan beragam fitur terbaik yang diberikan. Beberapa mode favorit yang saya nikmati di Twitterific 5 adalah Edit Tweet, tampilan multi kolom dan akun serta beberapa hal lainnya. Ingin membeli Twitterific 5? Silakan gunakan tautan di bawah ini ya, tersedia untuk macOS dan juga pengguna iOS!

Download Twitterrific 5 for Twitter · Harga: 299000

Download Twitterrific 5 for Twitter · Harga: Gratis


Review Tweetbot 4: Tampilan Manis yang Lama Ditunggu

Gambar
1 Comment
  • Great post. I found your website perfect for my needs. Very useful info specifically the last part. Thank you for sharing with us, and we sincerely hope you will continue to update or post other articles

To Top