News

Update iOS 11.3 Meningkatkan Dukungan Progressive Web Apps

Apple diam-diam mulai menambahkan tekologi Progressive Web Apps di perangkat iOS yang sudah menggunakan iOS 11.3. Dengan kemampuan Progressive Web Apps, pengembang aplikasi dan website dapat membuat aplikasi dengan tampilan web, yang tidak perlu terdaftar di App Store alias bisa dinikmati oleh pengguna secara lebih mudah dan cepat. Tentunya juga dengan biaya pengembangan lebih murah.

Dikutip dari penjelasan Maximiliano Firtman, Progressive Web Apps dapat membantu pengguna melakukan instalasi aplikasi tanpa melalui App Store. Namun lewat Safari dengan mode Add to Homescreen dari bagian Share Extension.

Mungkin kemudahan ini yang ditakutkan akan disalahgunakan oleh pengembang atau pengguna aplikasi, sehingga catatannya tidak ditulis pada update iOS 11.3.

Apple didn’t mention at all about this new ability; they might not want to confuse users. Not even the release notes on Safari mention the technologies.


Baca Juga:


Maximiliano Firtman juga menjelaskan beberapa aplikasi yang sudah mendukung sistem Progressive Web Apps dan dapat kamu gunakan di iOS 11.3. Mulai dari Google Maps, Twitter Lite, Tinder, Uber dan beberapa lainnya.

Tentunya aplikasi dengan teknologi Progressive Web Apps akan memiliki beberapa batasan jika dibandingkan aplikasi yang selama ini kamu instal dari App Store. Yaitu penyimpanan hanya 50MB, data yang akan dihapus secara otomatis jika tidak digunakan dalam waktu yang lama, tidak ada akses ke beberapa hardware seperti Bluetooth, Touch ID, Face ID, ARKit, sensor Altimeter dan beberapa lainnya.

Aplikasi dengan Progressive Web Apps juga tidak mendukung akses di belakang layar, notifikasi dan juga Siri serta in-app purchases. Contoh aplikasi yang menarik untuk digunakan dengan Progressive Web Apps adalah jenis aplikasi sosial media, pemesanan tiket atau beberapa jenis aplikasi yang memerlukan update cepat dan perbaikan tanpa perlu menunggu pendaftaran di App Store.

Progressive Web Apps juga bisa menjadi altenatif untuk perangkat iOS yang memiliki storage terbatas. Misalkan untuk Twitter Lite, kamu tidak perlu menggunakan storage beberapa ratus MB untuk instal saja dan akan terus bertambah sesuai penggunaan. Semoga pengembangan Progressive Web Apps akan terus dilanjutkan oleh Apple, sejalan dengan fitur baru di App Store.


5 Fitur Tersembunyi di iOS 11.3 untuk Pengguna iPhone, iPad

[source site_name = “Medium” site_url = “https://medium.com/@firt/progressive-web-apps-on-ios-are-here-d00430dee3a7”][/source]


Click to comment
To Top