Featured

Update iOS 11.3 Menutup Fitur Screen Recording di Apple Music?

Halo MakeMac, kenapa fitur Screen Recording di iOS 11.3 tidak dapat merekam suara dari Apple Music?

Beberapa pertanyaan serupa masuk ke akun Twitter MakeMac sejak Apple merilis update iOS 11.3. Fitur Screen Recording yang sejatinya dibuat untuk merekam segala kegiatan di layar perangkat iPhone dan output suara yang diberikan, kini tidak bisa bekerja secara maksimal saat kamu menggunakan Apple Music.

Dari percobaan yang tim MakeMac lakukan, Screen Recording di iOS 11.3 tidak dapat merekam suara dari aplikasi Music. Baik musik yang berasal dari Apple Music, dibeli lewat iTunes Store hingga ditransfer ke perangkat iPhone atau iPad lewat iTunes. Hasil Screen Recording yang akan kamu terima hanya berupa rekaman layar dan suara yang dimatikan atau mute.

Untuk menguji masalah tersebut, tim Makemac sudah melakukan percobaan di beberapa jenis perangkat iPhone dan mendapatkan hasil yang sama. Bahkan ketika sudah melakukan Restore via iTunes dan Set as New Device, mode merekam suara di Apple Music lewat Screen Recording tetap tidak dapat dilakukan.

Bagaimana dengan Aplikasi Lain?

Saat dicoba lebih lanjut dengan aplikasi lain seperti YouTube atau VOX Music Player, mode Screen Recording dan merekam suara dapat berjalan dengan lancar. Memang sih saat mode Screen Recording mulai dilakukan, ada semacam penurunan volume yang terjadi. Namun begitu melihat hasilnya, suara yang dihasilkan tetap sama dan tidak terdapat kendala apapun.


Baca Juga:


Bug System atau Mencegah Pembajakan?

Pembahasan mengenai masalah ini sudah tim MakeMac temukan di laman Apple Discussion. Namun belum ada solusi atau keterangan lebih lanjut mengenai mode rekam suara di Apple Music lewat Screen Recording di iOS 11.3 yang membisu.

Apakah ini hanya sebuah bug system? Atau memang Apple mencegah penggunaan fitur Screen Recording untuk mendapatkan rekaman audio dari layanan Apple Music? Mengingat mode Music Video di Apple Music juga memiliki batasan yang mirip. Yaitu tidak akan menampilkan screenshot Music Video yang kamu lakukan – persis seperti yang dilakukan oleh Netflix for iOS.

Saya pribadi jarang sekali menggunakan mode Screen Recording untuk merekam dokumen audio dari Apple Music. Jadi hilangnya fitur ini bukan terlalu menjadi masalah. Bagaimana dengan kamu, apakah sering menggunakan fitur ini dan merasa kecewa terhadap keputusan Apple jika memang ini adalah aturan baru? Bagikan di kolom komentar ya!


5 Fitur Tersembunyi di iOS 11.3 untuk Pengguna iPhone, iPad


Click to comment
To Top