Miscellaneous

(Video) Dibedah iFixit, Apple TV 4K Ternyata Sangat Mudah Diperbaiki

Apple TV 4K

Apple TV 4K kini sudah tersedia di sejumlah pasaran dunia. Sebagaimana iPhone 8, perangkat TV generasi baru dari Apple yang sudah mendukung konten-konten beresolusi ultra tinggi itu juga tidak luput dari pembedahan yang dilakukan iFixit.

Pembedahan itu sendiri dilakukan untuk mengetahui apa saja yang baru dalam jeroan mesin yang dimiliki Apple TV 4K, di samping desain dan faktor bentuknya yang mirip seperti model generasi sebelumnya.

Membuka jeroan mesin Apple TV 4K ternyata tidak sulit. Penutup bagian bawah tidak diberi lem sama sekali. Sehingga iFitxit mudah membukanya dengan menggunakan alat pencungkil dari bahan nylon, hanya saja bagian plastiknya jadi rusak. Namun tak jadi soal karena lokasinya berada di bawah dan tidak ada orang bisa melihatnya.

Begitu terbuka, kamu bisa melihat Apple TV 4K dilengkapi dengan kipas baru buat mendinginkan perangkat. Kipas yang mudah dilepaskan itu terintegrasi dengan pelindung Heatsink EMI yang sama seperti Apple TV generasi keempat.

Setelah kipas disingkirkan, terungkap logic board yang merupakan mesin utama Apple TV 4K. Komponen ini juga sangat gampang dibuka. Di komponen terpampang chip prosesor A10X 64bit yang merupakan dapur pacunya. Di sebelahnya terdapat RAM 3GB buatan SK Hynix untuk menyokong kinerjanya.

Komponen-komponen lainnya terungkap adalah chip Thunderbolt-Gigabit Ethernet buatan Broadcom, modul Wi-Fi/Bluetooth dari Murata, memori flash 32GB dari Toshiba adaptor DisplayPort 1.4 to HDMI 2.0 dari Megachips.

Apple TV 4K adalah termasuk perangkat Apple yang gampang diperbaiki meskipun komponen-komponen utamanya disolder ke logic board. iFixit memberi nilai 8 dari 10 untuk tingkat kemudahan perbaikannya.

Buat kamu, Apple TV 4K sangat layak untuk dimiliki. Pasalnya Apple memberikan bonus konten film 4K dengan harga yang sama seperti film-film dalam kualitas HD sebelumnya. Selain itu, harganya tergolong cukup murah, mulai $179.

Selengkap mengenai pembedahan Apple TV 4K bisa kamu simak dalam video berikut:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Selain Apple TV 4K, iFixit juga melakukan pembedahan terhadap Apple Watch Series 3. Di samping mendukung seluler LTE, perubahan besar yang hardware yang diusungnya adalah kapasitas baterai yang lebih besar dan ventilasi udara sudah berpindah ke bagian port Diagnostic.

Apple Watch Series 3 yang juga sudah tersedia sejak pekan lalu tersebut meraih nilai 6 untuk tingkat kemudahan perbaikannya. Selengkapnya bisa kamu simak dengan mengunjungi tautan ini.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://www.ifixit.com/Teardown/Apple+TV+4K+Teardown/97511”][/source]
1 Comment
To Top