News

(Video) MKBHD Jelaskan Ekosistem Apple yang Kuat


Menurut KBBI, ekosistem adalah keanekaragaman suatu komunitas dan lingkungannya yang berfungsi sebagai suatu satuan ekologi dalam alam. Apple termassuk salah satu merek teknologi yang punya ekosistem sangat kuat dan dijaga dengan baik. Hal ini disampaikan oleh YouTubers Marques Brownlee (MKBHD) dalam video terbarunya.

MKBHD menjelaskan bahwa Apple punya ekosistem yang kuat dan menjaga para penggunanya agar selalu nyaman. Contoh definisi nyaman yang dimaksud adalah integrasi antar perangkat dan aplikasi yang sangat maksimal. Seperti iMessage, Continuity, akun iCloud dan beberapa hal lainnya.

Selain nyaman dan kuat, Apple juga secara tidak langsung mengajak kamu untuk terus membeli produk lain yang mereka buat. Misalkan dimulai dari iPhone, kamu bisa lanjut dengan membeli AirPods, Apple Watch atau terus hingga ke komputer Mac.

Produk seperti perangkat iOS, komputer Mac, Apple Watch dan HomePod bekerja dengan integrasi dalam ekosistem Apple yang sangat baik. Bahkan HomePod disebut sebagai produk Apple yang paling memaksa kamu untuk menggunakan produk Apple lainnya. Ya, HomePod memang tidak bisa digunakan seperti smart speaker lainnya yaitu tidak ada jack audio 3.5mm, koneksi Bluetooth dan tidak mendukung streaming music selain Apple Music.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca Juga:


“Pagar” yang Tinggi

Marques juga menjelaskan bahwa Apple ingin para penggunanya tetap hanya memiliki produk Apple atau ada di ekosistem Apple. Perumpamaan yang diberikan adalah Apple memasang pagar tinggi di kebunnya (ekosistem Apple), agar kamu para penggunanya tetap setia menjadi Apple Fanboy dan tidak melirik produk merek luar.

Contoh yang diberikan dari sulitnya lepas dari ekosistem Apple adalah kehilangan fungsi iCloud dan App Store jika menggunakan Android, akses Apple Watch, iMessage, Siri dan juga tidak bisa menggunakan HomePod. Sedangkan untuk layanan Apple lainnya seperti Apple Music, iCloud Drive dan beberapa lainnya masih bisa digantikan oleh pihak ketiga seperti Spotify atau Dropbox.

Bagaimana pendapat kamu sebagai seorang Apple Fanboy? Apakah Apple memang punya ekosistem yang kuat dan membuat kamu tidak bisa lepas? Bagikan di kolom komentar ya!


Kontroversi Penilaian Galaxy S9+ Sebagai Kamera Ponsel Terbaik Versi DxOMark


Click to comment
To Top