Miscellaneous

(Video) Perusahaan Vietnam Bisa Jebol Face ID dengan Topeng 3D

Fitur pengenalan wajah Face ID yang tersemat di iPhone X masih menarik perhatian banyak kalangan untuk menguji seberapa kuat keamanannya. Seperti yang dilakukan perusahaan keamanan asal Vietnam, Bkav Corp dalam pengujian yang dilakukannya baru-baru ini.

Apple mengklaim bahwa Face ID hanya bisa mengenali wajah penggunanya saja dan tidak bisa dimanipulasi oleh topeng. Untuk membuktikan klaim ini, Bkav Corp melakukan pengujian dengan menggunakan topeng buatan menyerupai wajah sang empunya.

Dalam membuat topeng tersebut, Bkav Corp menggunakan frame yang dicetak secara 3D, gambar 2D, dan hidung terbuat dari bahan silikon. Sedangkan beberapa area disebutkan diproses secara khusus.

Dapat kamu lihat dalam video demo singkatnya seperti dilansir Apple Insider, ternyata layar iPhone X dapat terbuka dengan mudah, tanpa meminta memasukkan Passcode saat dihadapkan dengan topeng buatan tersebut. Dengan fakta tersebut, mereka meragukan keamananan Face ID yang diklaim Apple.

Kamu bisa lihat videonya di sini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Mengenai dapat dijebolnya sistem keamanan Face ID dengan menggunakan topeng dari Bkav Corp bukan merupakan ancaman serius. Mengingat, pembuatan topengnya sendiri tergolong rumit dan tentunya tidak mudah dibikin orang biasa.

Meski begitu, hal ini perlu mendapatkan perhatian dari Apple. Mengapa topeng yang dibikin perusahaan keamanan tersebut dapat menipu sistem keamanan Face ID di iPhone X tanpa kendala. Semoga saja, Apple mengeluarkan pernyataan resminya soal ini.


Baca juga:


Dalam beberapa pengujian sebelumnya, Face ID memang hanya mengenali wajah pengguna saja dan tidak mengenali selain itu. Salah satunya dari Joanna Stern dari The Wall Street Journal yang menguji sistem keamanan Face ID dalam beberapa pengujian.

Pertama dengan menggunakan aksesoris, seperti topi, selendang di leher, anting-anting hingga kacamata bahkan saat gelap sekalipun, Face ID masih mengenali wajah pengguna dengan baik. Namun dengan menggunakan kumis palsu yang menutupi bibir atas, Face ID akan berpikir kamu adalah orang lain.

Selanjutnya, pengujian dilakukan dengan menggunakan topeng wajah sang jurnalis. Meski dibuat dengan detil yang menyerupai, namun hasilnya berujung pada kegagalan. Face ID tidak bisa ditipu menggunakan topeng.

Namun ditemukan fakta menarik, orang kembar identik bisa membuka kunci layar iPhone X dengan mudah. Bahkan anak kembar tiga berumur belasan tahun sekalipun bisa membukanya lantaran struktur wajahnya yang mirip satu sama lain.


Click to comment
To Top