Featured

(Video) Wawancara Tim Cook Membahas Privasi Data, Tiongkok dan Infowars

VICE News Tonight sudah melakukan wawancara dengan Tim Cook selaku CEO Apple selama 7 tahun ini. Beragam topik dibahas dalam wawancara singkat tersebut dalam durasi sekitar 8 menit. Beberapa topik yang dibahas adalah hal kekinian seputar isu teknologi dan hal lainnya yang sempat hangat. Mulai dari privasi data pengguna, pusat data Apple di Tiongkok, serta banyak lainnya.

Tim Cook menjelaskan beberapa hal seputar privasi, terutama data pengguna yang sangat dijaga oleh Apple. Salah satu fitur yang terus dikembangkan dan dijamin untuk tetap menjaga data privasi adalah Siri. CEO Apple ini mengatakan bahwa Apple tidak memerlukan data personal dari pengguna dan mengolahnya di luar dari perangkat tersebut, karena semuanya bisa dilakukan sambil tetap menjaga privasi.

Bahkan Tim Cook juga mengatakan bahwa perusahaan atau siapapun yang mengatakan bahwa data personal harus dibawa keluar dari perangkat untuk meningkatkan layanan adalah bohong besar.

Penjelasan berikutnya adalah seputar hubungan Apple dan Tiongkok. Bagi kamu yang belum tahu, Apple diwajibkan untuk membuat pusat data di Tiongkok oleh pemerintah negara tersebut. Namun meskipun begitu, bukan berarti pemerintah Tiongkok mendapatkan keistimewaan atau hak khusus untuk mendapatkan akses data privasi, karena Apple menggunakan sistem enkripsi yang sama di semua pusat data mereka.

It’s not easy for anybody to get it. I mean it’s it’s encrypted like it is everywhere. And so no, I wouldn’t I wouldn’t get caught up in the, ‘Where’s the location of it?’ I mean, we have servers located in many different countries in the world. They are not easier to get data from being in one country versus the next.


Baca Juga:


Topik berikutnya adalah Alex Jones, pemilik akun Infowars yang beberapa waktu lalu ramai karena membahas konspirasi politik Amerika Serikat. Infowars kini sudah diblokir oleh Apple, Google dan beragam layanan digital lainnya karena dianggap tidak layak. Tim Cook menjelaskan bahwa proses pemblokiran Infowars dilakukan oleh Apple sebagai bukti kurasi konten oleh manusia di Apple Podcast, tidak berdasarkan mesin.

Bahkan Tim Cook juga mengatakan bahwa pihak Apple tidak memerlukan diskusi dengan Google atau lainnya yang juga memblokir Infowars dari layanan mereka. Hal tersebut juga menjadi bukti bahwa Apple tidak memihak politik sisi manapun di Amerika Serikat.

“I’ve never even had a conversation about [Alex Jones] with other tech companies. We make our decisions independently and I think that’s important.”

Bagi kamu yang penasaran dengan video lengkapnya, silakan simak dari lampiran berikut ini:

Tambahan: Vice juga sempat bertanya kepada Tim Cook mengenai tragedi penembakan di San Bernardino dengan sebuah barang bukti berupa iPhone dalam mode Passcode Lock. Pihak FBI sempat meminta Apple untuk membuka ponsel tersebut dan berikut ini penjelasan dari Tim Cook.


Apple Sumbang $1 Juta untuk Musibah Gempa Bumi dan Tsunami di Sulawesi


Click to comment
To Top